PROFIL LULUSAN
Lulusan program studi Sarjana Terapan TRPL dapat mengembangkan karir sesuai dengan keilmuannya, yaitu:
- Perekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer)
Lulusan mampu mengembangkan perangkat lunak yang meliputi penggalian kebutuhan, analisis perancangan, pemrograman, pengujian dan validasi (testing) perangkat lunak.
- Software Quality Assurance (SQA)
Lulusan mampu memastikan bahwa software yang dibuat sudah berjalan sebagaimana mestinya.
- Data Analyst
Lulusan mampu melakukan analisis data atau data analytics, mengolah data besar (big data) untuk membuat keputusan yang lebih baik.
- IT Researcher
Lulusan mampu melakukan penelitian di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan pengetahuan (studi lanjut) dan memecahkan suatu masalah yang ada dalam industri.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
- CPL01: Mampu menerapkan nilai-nilai 3M (Mar-Tuhan, Mar-roha, Mar-bisuk) dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam proses pembelajaran dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menyelesaikan persoalan nyata secara holistik.
- CPL02: Mampu menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, pemahaman literasi data, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, pemahaman tentang wirausaha dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi.
- CPL03: Mampu mengimplementasikan 6C High Order Thinking Skill (HOTS) dalam menyelesaikan berbagai persoalan nyata menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- CPL04: Menguasai konsep teoritis pengembangan perangkat lunak termasuk matematika terapan dan penjaminan kualitas perangkat lunak secara mendalam mulai dari perencanaan sampai pada tahap pemeliharaan.
- CPL05: Menguasai pengetahuan, kemampuan, dan melakukan kajian teknis dalam menentukan solusi yang tepat berupa perangkat lunak yang dikembangkan dengan proses perekayasaan dan pengelolaan yang baik.
- CPL06: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang rekayasa perangkat lunak.
- CPL07: Mampu mengambil keputusan secara tepat, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan dalam bidang rekayasa perangkat lunak.
- CPL08: Mampu menguasai dan menerapkan keterampilan yang dibutuhkan untuk perekayasaan perangkat lunak sesuai kebutuhan berbagai lembaga, industri, wirausaha dan masyarakat.
- CPL09: Mampu menguasai dan melakukan penjaminan mutu seluruh proses dalam perekayasaan perangkat lunak dan memastikan perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.
- CPL10: Mampu mengumpulkan, memproses, melaksanakan analisis data besar (big data) menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan tujuan menemukan informasi yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan.
- CPL11: Mampu menemukan permasalahan dan menciptakan solusi melalui pendekatan ilmiah yang sesuai dengan bidang teknologi rekayasa perangkat lunak.
STRUKTUR MATA KULIAH
Program studi Sarjana Terapan TRPL menggunakan irisan Body Of Knowledge (BOK) dari bidang studi Computer Science (CS) dan Software Engineering (SE) dengan area pengetahuan yang didetilkan pada dokumen Software Engineering Body Of Knowledge (SWEBOK). Cakupan ilmu yang diajarkan pada program studi Sarjana Terapan TRPL untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghasilkan perangkat lunak secara khusus yang berbasis web dan mobile dengan kompleksitas baik yang untuk skala kecil maupun yang kompleks. Struktur Matakuliah ditampilkan pada tabel di bawah ini.
Semester I |
Kode |
Nama |
SKS |
4141105 |
Arsitektur dan Organisasi Komputer |
2 |
TI41101 |
Penyelesaian Masalah di Dunia Digital |
2 |
4141101 |
Dasar Pemrograman |
3 |
4141102 |
Matematika Diskrit |
3 |
4141103 |
Pengembangan Situs Web I |
3 |
4141104 |
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak |
3 |
KU41101 |
Bahasa Inggris I |
2 |
KU41102 |
Pembentukan Karakter Del |
2 |
Semester II |
Kode |
Nama |
SKS |
4141204 |
Sistem Operasi |
2 |
4141201 |
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak |
3 |
4141202 |
Pengembangan Situs Web II |
3 |
4141203 |
Pengenalan Basis Data |
3 |
4141290 |
Proyek Akhir Tahun I |
3 |
KU41202 |
Agama |
2 |
KU41201 |
Bahasa Indonesia |
2 |
Semester III |
Kode |
Nama |
SKS |
4142105 |
Jaringan Komputer |
2 |
4142101 |
Algoritma dan Struktur Data |
3 |
4142106 |
Pengenalan Kecerdasan Buatan |
2 |
4142102 |
Perancangan Antarmuka Pengguna |
3 |
4142103 |
Sistem Basis Data |
3 |
4142107 |
Logika Informatika |
2 |
4142104 |
Pemrograman Berorientasi Objek |
3 |
KU42101 |
Bahasa Inggris II |
2 |
Semester IV |
Kode |
Nama |
SKS |
4142201 |
Pengembangan Aplikasi Terdistribusi |
3 |
4142202 |
Pengembangan Aplikasi Mobile |
3 |
4142290 |
Proyek Akhir Tahun II |
3 |
4142203 |
Pengujian Perangkat Lunak |
3 |
KU42201 |
Pancasila |
2 |
MA42202 |
Probabilitas dan Statistik |
3 |
TI42201 |
Technopreneurship |
3 |
Semester V |
Kode |
Nama |
SKS |
4142201 |
Pengembangan Aplikasi Terdistribusi |
3 |
4142202 |
Pengembangan Aplikasi Mobile |
3 |
4142290 |
Proyek Akhir Tahun II |
3 |
4142203 |
Pengujian Perangkat Lunak |
3 |
KU42201 |
Pancasila |
2 |
MA42202 |
Probabilitas dan Statistik |
3 |
TI42201 |
Technopreneurship |
3 |
Semester VI |
Kode |
Nama |
SKS |
4143201 |
UI/UX Design |
3 |
4143202 |
Manajemen Proyek |
3 |
4143204 |
Big Data |
2 |
4143203 |
Mata Kuliah Pilihan 1 |
3 |
4143290 |
Proyek Akhir Tahun III |
4 |
KU43201 |
Bahasa Inggris III |
2 |
Semester VII |
Kode |
Nama |
SKS |
4144190 |
Magang |
20 |
4144101 |
Metodologi Penelitian |
2 |
Semester VIII |
Kode |
Nama |
SKS |
4144290 |
Tugas Akhir |
6 |
KU44202 |
Kewarganegaraan |
2 |
KU44201 |
Bahasa Inggris IV |
2 |