PROFIL LULUSAN

Lulusan program studi Sarjana Terapan TRPL dapat mengembangkan karir sesuai dengan keilmuannya, yaitu:

  1. Perekayasa Perangkat Lunak (Software Engineer)
    Lulusan mampu mengembangkan perangkat lunak yang meliputi penggalian kebutuhan, analisis perancangan, pemrograman, pengujian dan validasi (testing) perangkat lunak.
  2. Software Quality Assurance (SQA)
    Lulusan mampu memastikan bahwa software yang dibuat sudah berjalan sebagaimana mestinya.
  3. Data Analyst
    Lulusan mampu melakukan analisis data atau data analytics, mengolah data besar (big data) untuk membuat keputusan yang lebih baik.
  4. IT Researcher 
    Lulusan mampu melakukan penelitian di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan pengetahuan (studi lanjut) dan memecahkan suatu masalah yang ada dalam industri.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

  1. CPL01: Mampu menerapkan nilai-nilai 3M (Mar-Tuhan, Mar-roha, Mar-bisuk) dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam proses pembelajaran dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menyelesaikan persoalan nyata secara holistik.
  2. CPL02: Mampu menunjukkan sikap profesional dalam bentuk kepatuhan pada etika profesi, pemahaman literasi data, pemahaman tentang pembelajaran sepanjang hayat, pemahaman tentang wirausaha dan respon terhadap isu sosial dan perkembangan teknologi.
  3. CPL03: Mampu mengimplementasikan 6C High Order Thinking Skill (HOTS) dalam menyelesaikan berbagai persoalan nyata menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. CPL04: Menguasai konsep teoritis pengembangan perangkat lunak termasuk matematika terapan dan penjaminan kualitas perangkat lunak secara mendalam mulai dari perencanaan sampai pada tahap pemeliharaan.
  5. CPL05: Menguasai pengetahuan, kemampuan, dan melakukan kajian teknis dalam menentukan solusi yang tepat berupa perangkat lunak yang dikembangkan dengan proses perekayasaan dan pengelolaan yang baik.
  6. CPL06: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, kinerja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang rekayasa perangkat lunak.
  7. CPL07: Mampu mengambil keputusan secara tepat, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan dalam bidang rekayasa perangkat lunak.
  8. CPL08: Mampu menguasai dan menerapkan keterampilan yang dibutuhkan untuk perekayasaan perangkat lunak sesuai kebutuhan berbagai lembaga, industri, wirausaha dan masyarakat.
  9. CPL09: Mampu menguasai dan melakukan penjaminan mutu seluruh proses dalam perekayasaan perangkat lunak dan memastikan perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.
  10. CPL10: Mampu mengumpulkan, memproses, melaksanakan analisis data besar (big data) menggunakan teknik-teknik yang sesuai dengan tujuan menemukan informasi yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan.
  11. CPL11: Mampu menemukan permasalahan dan menciptakan solusi melalui pendekatan ilmiah yang sesuai dengan bidang teknologi rekayasa perangkat lunak.

STRUKTUR MATA KULIAH

Program studi Sarjana Terapan TRPL menggunakan irisan Body Of Knowledge (BOK) dari bidang studi Computer Science (CS) dan Software Engineering (SE) dengan area pengetahuan yang didetilkan pada dokumen Software Engineering Body Of Knowledge (SWEBOK). Cakupan ilmu yang diajarkan pada program studi Sarjana Terapan TRPL untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghasilkan perangkat lunak secara khusus yang berbasis web dan mobile dengan kompleksitas baik yang untuk skala kecil maupun yang kompleks. Struktur Matakuliah ditampilkan pada tabel di bawah ini.

Semester I
Kode Nama SKS
4141105 Arsitektur dan Organisasi Komputer 2
TI41101 Penyelesaian Masalah di Dunia Digital 2
4141101 Dasar Pemrograman 3
4141102 Matematika Diskrit 3
4141103 Pengembangan Situs Web I 3
4141104 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak 3
KU41101 Bahasa Inggris I 2
KU41102 Pembentukan Karakter Del 2

Semester II
Kode Nama SKS
4141204 Sistem Operasi 2
4141201 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak 3
4141202 Pengembangan Situs Web II 3
4141203 Pengenalan Basis Data 3
4141290 Proyek Akhir Tahun I 3
KU41202 Agama 2
KU41201 Bahasa Indonesia 2

Semester III
Kode Nama SKS
4142105 Jaringan Komputer 2
4142101 Algoritma dan Struktur Data 3
4142106 Pengenalan Kecerdasan Buatan 2
4142102 Perancangan Antarmuka Pengguna 3
4142103 Sistem Basis Data 3
4142107 Logika Informatika 2
4142104 Pemrograman Berorientasi Objek 3
KU42101 Bahasa Inggris II 2

Semester IV
Kode Nama SKS
4142201 Pengembangan Aplikasi Terdistribusi 3
4142202 Pengembangan Aplikasi Mobile 3
4142290 Proyek Akhir Tahun II 3
4142203 Pengujian Perangkat Lunak 3
KU42201 Pancasila 2
MA42202 Probabilitas dan Statistik 3
TI42201 Technopreneurship 3

Semester V
Kode Nama SKS
4142201 Pengembangan Aplikasi Terdistribusi 3
4142202 Pengembangan Aplikasi Mobile 3
4142290 Proyek Akhir Tahun II 3
4142203 Pengujian Perangkat Lunak 3
KU42201 Pancasila 2
MA42202 Probabilitas dan Statistik 3
TI42201 Technopreneurship 3

Semester VI
Kode Nama SKS
4143201 UI/UX Design 3
4143202 Manajemen Proyek 3
4143204 Big Data 2
4143203 Mata Kuliah Pilihan 1 3
4143290 Proyek Akhir Tahun III 4
KU43201 Bahasa Inggris III 2

Semester VII
Kode Nama SKS
4144190 Magang 20
4144101 Metodologi Penelitian 2

Semester VIII
Kode Nama SKS
4144290 Tugas Akhir 6
KU44202 Kewarganegaraan 2
KU44201 Bahasa Inggris IV 2