PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK KOMPUTER – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Program Studi D3 Teknik Komputer adalah salah satu program studi yang diselenggarakan Institut Teknologi Del yang terletak di daerah pedesaan tobasa. Prodi D3 Teknik Komputer menyiapkan lulusannya agar benar-benar kompeten dibidangnya (jaringan komputer, sistem tertanam, komputasi awan).

Lulusan dibekali dengan keterampilan yang didapatkan selama proses belajar berlangsung, sehingga siap untuk memiliki peran yang berguna sesuai bidangnya dalam masyarakat dan industry, baik sebagai Pengelola Sistem Komputer, Tenaga Profesional Jaringan Komputer, Computer technical support specialist, Pengelola Sistem Komputasi Awan. Beberapa fasilitas di Prodi D3 Teknik Komputer adalah Laboratorium Administrasi Jaringan Komputer, Laboratorium Komputasi Awan dan Cisco Academy, Laboratorium Arsitektur Komputer dan Sistem Tertanam.


PROGRAM STUDI D4 TEKNOLOGI REKAYASA PERANGKAT LUNAK – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak di Institut Teknologi Del, ter-akreditasi B dari BAN-PT. Apa itu Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak? Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (Sarjana Terapan TRPL) mempersiapkan mahasiswa secara khusus untuk dapat membuat dan mengembangkan aplikasi / perangkat lunak yang bermanfaat bagi masyarakat. Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak berfokus pada keahlian di bidang pengembangan rekayasa perangkat lunak yang berbasis web dan mobile.

 


PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK ELEKTRO – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Del hadir untuk menjawab tantangan dan kebutuhan dunia indusri modern serta berkomitmen untuk menyelenggarakan Pendidikan Sarjana Unggul, Penelitian dan Pengabdian masyarakat yang bermutu. Hal ini didukung dengan fasilitas laboratorium, sistem pembelajaran berpusat pada mahasiswa, link and match dengan industri serta kerjasama dengan berbagai instansi baik bertaraf lokal, nasional dan internasional.

Program Studi S1 Teknik Elektro IT Del memiliki keunggulan pendidikan di bidang teknik kendali dan teknik komputer. Pada bidang teknik kendali meliputi pemodelan sistem serta desain sistem kontrol untuk menyelesaikan masalah kestabilan sistem. Sedangkan pada teknik komputer meliputi penggunaan simulasi komputer dan model untuk mengubah inovasi teknologi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan rekayasa komputer dalam jaringan.

 


PROGRAM STUDI SARJANA SISTEM INFORMASI – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

 

*Arah Program Studi*

Program Studi Sistem Informasi mengarahkan diri ke area Pengembangan Sistem Informasi, dan Data Engineering and Analytics.

*Profil lulusan:

* Ada tiga profil lulusan yang ingin dibentuk:

1. Profil yang pertama adalah Information Systems Developer, dalam hal ini lulusam mampu untuk turut dalam berbagai fase pengembangan sistem informasi. Mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, konstruksi, hingga pengujian *testing).

2. Profil kedua adalah Data Engineer and Analyst, dalam hal ini lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan yang ia miliki mampu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, hingga mempresentasikan data sehingga dapat dipergunakan dalam pengambilan keputusan.

3. Profil yang ketiga adalah Research Assistant, di mana lulusan diharapkan untuk mampu dalam membantu pelaksanaan dari suatu penelitian.

 


PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK BIOPROSES – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Teknik Bioproses adalah cabang ilmu teknik, yang menggarap proses‐proses konversi biomasa tumbuhan, hewan atau mikroorganisme, melalui reaksi biokimia dengan memanfaatkan biokatalis atau enzim, menjadi bahan lain yang dipandang lebih bernilai, seperti makanan, pakan ternak, obat-obatan, bahan kimia, polimer, atau bioenergi, yang dilaksanakan pada skala industri.

Dalam Teknik Bioproses dilaksanakan penerapan ilmu biologi, kimia, fisika, dan penerapan bioteknologi dalam mendesain bioreaktor, sehingga berbagai proses dalam bioteknologi dalam dilakukan dalam industri skala besar, dengan mengoptimalkan hasil dan kualitas dari produk akhir. Banyak permasalahan lingkungan yang dapat diselesaikan oleh teknik bioproses. Dalam Kebijakan Strategis Pembangunan Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Teknik Bioproses dimasukkan kedalam 4 fokus utama, yaitu ketahanan pangan, sumber energi baru dan terbarukan, teknologi pertahanan, dan teknologi kesehatan dan obat-obatan. Diperlukan sekitar 2.500 lulusan Sarjana Teknik Bioproses setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan Sarjana Teknik Bioproses dalam dua dekade yang akan datang.


PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN REKAYASA – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Manajemen Rekayasa (Engineering Management) adalah penggabungan dari keilmuan teknik/rekayasa (engineering) dengan ilmu manajemen yang diaplikasikan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam suatu sistem kompleks. Aspek keilmuan teknik (engineering) dari Manajemen Rekayasa terlihat melalui penerapan matematika dan ilmu pengetahuan alam yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman, dan praktek empiris untuk menemukan cara-cara yang optimal dalam memanfaatkan material dan sumber daya lain dalam mengembangkan teknologi. Aspek keilmuan manajemen dari Manajemen Rekayasa muncul dalam penerapan ilmu-ilmu pendukung keputusan yang dapat diaplikasikan dalam aktivitas-aktivitas pengembangan organisasi dalam mencapai tujuannya, yang diperoleh melalui pembelajaran dan praktek empiris dalam ilmu perilaku organisasi, analisa finansial, manajemen sumber daya manusia, dan analisa keputusan.


PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Perpustakaan IT Del memberikan  sistem pelayanan  open acces (terbuka) kepada pemustaka. Setiap sivitas yang berkunjung dapat mengakses koleksi secara langsung sehingga lebih leluasa memilih koleksi yang ingin dibaca atau dipinjam. Koleksi bahan pustaka yang mutakhir, pemanfatan teknologi informasi, dan tersedianya ruangan yang nyaman yang mendukung proses belajar dengan baik merupakan daya tarik bagi sivitas akademika IT Del untuk berkunjung ke Perpustakaan IT Del.

Perpustakaan Institut Teknologi Del memiliki fungsi utama yaitu fungsi pendidikan. Penyediaan koleksi diarahkan pada terpenuhinya kebutuhan bahan pustaka yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, pengadaan koleksi yang sifatnya rekreasi seperti Novel dan buku-buku yang sifatnya untuk pengembangan diri tetap diupayakan tersedia dan diperbarui. Pengadaan koleksi dan pengembangan minat baca internal dan eksternal Institut Teknologi Del dilakukan sebagai bagian dari kegiatan diseminasi kegiatan peningkatan  minat baca.


PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNOLOGI INFORMASI – INSTITUT TEKNOLOGI DEL

Program Studi Teknologi Informasi Diploma Tiga membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan di bidang Teknik Informasi seperti Software Engineering, Object-Oriented Analysis and Design, Software Testing, Manajemen Proyek dan pembangunan perangkat lunak.

Beberapa kompetensi lulusan Program Studi Teknologi Informasi Diploma Tiga yaitu:

1.Mampu membangun, mengembangkan dan memelihara perangkat lunak dengan mengikuti dan menerapkan metode rekayasa perangkat lunak yang baik dan benar, yang mencakup perangkat lunak pada platform desktop, web, dan mobile.

2.Selain mampu dalam bidangnya, juga mempunyai landasan yang cukup terhadap semua bidang dasar informatika: jaringan komputer, sistem informasi, dan teknologi informasi.

3.Mampu untuk bekerja dalam tim. 4.Mempunyai softskill yang sesuai yaitu disiplin dan sikap kerja yang professional