VISI

Menjadi pusat keunggulan yang berperan dalam pemanfaatan teknologi bagi kemajuan bangsa.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan yang unggul, berkesinambungan, dan bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Mengembangkan, menciptakan dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan peran institut agar mampu menjadi pembaharu kemampuan, keterampilan pilihan rujukan dan pengembangan rekayasa karya masyarakat khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan peran nyata kepada masyarakat melalui penerapan tridharma perguruan tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga ahli yang berperilaku marTuhan, marRoha, marBisuk yang mempunyai ciri-ciri utama beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bijak, ahli dan terampil dalam bidangnya, berwawasan luas, memiliki sifat kepemimpinan, kesadaran dan tanggung jawab sosial.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang memberi dampak mensejahterakan masyarakat.
  3. Menghasilkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyelenggaraan penelitian dan pendidikan tinggi yang berorientasi pendidikan keilmuan dan pengembangan kepribadian.

DEL bermakna sebagai “Selangkah Lebih Maju” dalam karsa dan karya.

Karsa adalah kehendak mencerdaskan dan menggunakan akal budi. Sementara karya adalah kemampuan menuangkan atau mengeskpresikan pikiran, imajinasi, atau keahlian ke dalam bentuk nyata yang dapat berupa arketipe, agenda, bagan, draf, plot, program, rekaan, cetak biru, sketsa, rencana, purwarupa, acuan, contoh, eksemplar, model, pola, gambar, dokumen, maupun rancang bangun lainnya.

Simbol Del (∇) adalah bentuk terbalik dari Delta (Δ, δ) sebagai huruf keempat alphabet Yunani. Delta menunjukkan perubahan (difference), sementara Del menunjukkan perubahan berarah (directed difference) yang kemudian disebut dengan satu langkah lebih maju (one step ahead). Simbol Del telah digunakan dalam Matematika dengan notasi ∇ sebagai operator gradien atau kecenderungan yang berguna untuk menentukan kecepatan perubahan suatu variable dalam sebuah garis atau bidang maupun ruang. Simbol Del (∇) juga disebut nabla yang berarti sejenis harpa. Dalam Bahasa Aram, harpa disebut nevel atau nebel.

Simbol Del bermakna sebagai:

  1. Berwawasan luas untuk perubahan yang lebih baik. Simbol Del (∇) menunjukan sesuatu yang bertumbuh atau berkembang mulai dari benih yang kecil menjadi tumbuhan yang kokoh dan rimbun sebagaimana perubahan besar seringkali berawal dari inspirasi atau ide sederhana yang terus dikembangkan.
  2. Berusaha lebih keras (extra mile) untuk pelayanan yang lebih baik. Del dengan simbol segitiga terbalik (∇) berbentuk alat musik harpa yang menampilkan lantunan musik yang membangkitkan semangat untuk berbuat atau bertindak yang terbaik.
  3. Bersiap untuk tantangan selanjutnya untuk target yang lebih baik. Simbol Del berbentuk busur adalah senjata yang siap mengarahkan dan melesatkan anak panah. Dosen IT Del bak para pahlawan yang mempersiapkan para perserta didik sebagai anak panah untuk mempunyai tujuan hidup yang memberikan manfaat dimanapun berada.

Alamat

Institut Teknologi Del

Jl. Sisingamangaraja Sitoluama-Laguboti

Toba Samosir 22381
Sumatera Utara-Indonesia

Telp/Fax. +62-632-331234/+62-632-331116