STEM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Ilmu pengetahuan, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika). Pendidikan STEM adalah suatu pendekatan pembelajaran berdasarkan interaksi intensif antar satu atau lebih disiplin ilmu yang menghasilkan pengalaman berbasis praktek langsung. Pendekatan dilakukan melalui proses kegiatan yang bertujuan untuk menstimulasi perkembangan kemampuan berpikir kritis, kemampuan mengatasi masalah, dan keterampilan bekerjasama.

13

1

EASTEM – Euro-Asia Collaboration for Enhancing STEM Education.

(Rincian tentang Proyek EASTEM dapat di akses di: @eastemproject.eu)

EASTEM adalah sebuah proyek pengembangan kapasitas yang dikelola oleh Erasmus+ (Rencana strategis ke-2) yang dilaksanakan antara tahun 2019-2022 dan dibentuk oleh sebuah konsorsium beranggotakan 3 perguruan tinggi dari Eropa, 3 perguruan tinggi dariVietnam, 3 perguruan tinggi dari Thailand, dan 4 perguruan tinggi dari Indonesia dengan total jumlah peserta adalah 59 peserta. Proyek ini bertujuan memastikan agar pendidikan STEM membekali para mahasiswa dengan kompetensi yang relevan dengan dunia kerja sehingga dapat meningkatkan kecakapan kerja.

Proyek EASTEM resmi dimulai dengan pertemuan pertama di Ho Chi Minh City University of Technology (HCMUTE) Kota Ho Chi Minh, Vietnam pada tanggal 25-27 Februari 2019. Dengan adanya media pertukaran informasi antar perguruan tinggi di Eropa dan Asia, setiap perguruan tinggi mitra akan mendapat ide dalam penguatan sistem pendidikan STEM di perguruan-perguruan tinggi mereka. Komunitas yang bersifat mutual ini tentu saja akan meningkatkan kerjasama antar mitra EASTEM bahkan setelah proyek ini berakhir.

EASTEM adalah sebuah program antar universitas di negara-negara Asia Tenggara dan Eropa dalam pelaksanaan sistem pendidikan STEM yang menempatkan mahasiswa sebagai pusat dari proses pembelajaran. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi para dosen dan menjembatani kesenjangan antar universitas dan industri.

TUJUAN EASTEM

  1. Pelatihan dosen

Meningkatkan penggunaan sistem pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja dengan lebih baik.

  1. Pendirian pusat STEM

Pusat unggulan STEM akan memberikan pelatihan yang berkesinambungan kepada para dosen dan menghubungkan universitas dengan sekolah menengah atas dan perusahaan-perusahaan setempat.

  1. Perbaikan kurikulum

Penggabungan berbagai kompetensi profesional dan masukan dari industri dalam kurikulum dan program studi untuk untuk perubahan yang nyata.

PROGRAM KERJA PROYEK EASTEM 

Program kerja EASTEM dibagi menjadi enam bagian yaitu preparasi (WP 1), Pengembangan (WP 2, WP 3, WP 4), Kualitas (WP 5), Diseminasi & Eksploitasi (WP 6), Manajemen (WP 7)

Screenshot 2020-06-03 at 17.22.54

Program kerja 1 berfokus kepada pengaturan internal dan pengaturan proyek antara perguruan mitra dengan mitra lain, persiapan dalam pertemuan awal dengan koordinator dan mitra lain, dan menggordinasikan perjanjian kerjasama dengan perguruan mitra.

Program Kerja 2 berfokus kepada pengembangan pelatihan kepada dosen (Train the Trainers/ToT)” di perguruan tinggi dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pendekatan pembelajaran ini selanjutnya diberikan kepada dosen lain dengan metode bertingkat (cascade). Dosen yang mengikuti pelatihan kepada dosen diharapkan juga menerapkan hal-hal yang telah mereka pelajari dalam perkuliahan.

Program Kerja 3 berpartisipasi dalam pengembangan untuk menjamin pelaksanaan proyek secara berkesinambungan melalui pendirian pusat STEM di perguruan mitra. Pusat ini selanjutnya akan memberikan pelatihan kepada dosen (Train the Trainers/ToT) di perguruan tinggi, mengembangkan pedoman untuk pusat STEM dan akan melaksanakan program yang melibatkan para pemangku kepentingan eksternal, seperti sekolah-sekolah menengah atas dan para pelaku bisnis. Dalam hal ini, pusat-pusat tersebut juga dapat berfungsi sebagai penghubung kegiatan-kegiatan diskusi mengenai pendidikan STEM di komunitas setempat.

Program Kerja 4 berpartisipasi dalam mengembangkaan dan menjawab kuisioner mengenai kebutuhan dan persyaratan pasar tenaga kerja serta mengembangkan fondasi untuk integrasi kompetensi ke dalam program pendidikan

Program Kerja 5 berpartisipasi dalam mengkoordinasikan penjaminan kualitas dalam proyek dan/atau di UNIVERSITAS MITRA, membuat draf survey evaluasi rapat dan melaporkan hasilnya, serta mengembangkan dan memastikan tindak lanjut dari rencana kualitas dan pemantauan.

Program Kerja 6 berpartisipasi dalam mengkoordinasi kegiatan diseminasi dalam proyek dan berkontribusi pada makalah, publikasi, dan presentasi konferensi

Sesuai dengan program kerja, berikut ini adalah roadmap EASTEM priode tahun 2019-2021

Screenshot 2020-06-03 at 17.16.04