2.Pelatihan_SMP

PELATIHAN MENGENAI BERPIKIR KOMPUTASIONAL UNTUK GURU SMP

Deskripsi:

Pelatihan ini diberikan kepada guru-guru SMP sebagai wadah pelatihan berpikir komputasional untuk guru SMP untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para guru mengenai berpikir komputasional dan dapat mengaplikasikannya dengan mengajarkan materi pelajaran berpikir komputasional kepada siswa SMP sehingga dapat menghasilkan generasi yang mampu berkembang dan berkompetisi pada era industri 4.0.

Adapun Manfaat Berpikir Komputasional adalah:

  1. Mampu memberikan solusi dari suatu permasalahan menggunakan komputer atau perangkat teknologi lainnya
  2. Mampu menganalisa data dan mengorganisasikannya
  3. Mampu membuat representasi data melalui abstraksi dalam bentuk model atau simulasi
  4. Mampu melakukan otomatisasi solusi dengan cara berpikir algoritma
  5. Mampu membuat identifikasi, analisa, dan implementasi dari solusi yang didapatkan dengan berbagai kombinasi cara dan sumber daya yang eisien dan efektif
  6. Mampu melakukan generalisasi solusi untuk berbagai permasalahan dengan tingkat kesulitan yang berbeda

Target dan Sasaran Peserta:

  1. Peserta dari pelatihan ini adalah seluruh guru yang mengajar pada Sekolah Menengah Pertama pada rentang usia aktif mengajar yaitu < 60 tahun.
  2. Peserta yang mengikuti pelatihan adalah guru yang berada di daerah dengan kondisi listrik dan jaringan yang stabil agar dapat mendukung proses pelaksanaan pelatihan yang bersifat online
  3. Peserta merupakan guru-guru SMP yang memiliki sedikit pengetahuan atau bahkan tidak memiliki pengetahuan mengenai berpikir komputasional sedikitpun.
  4. Pelatihan dapat diikuti oleh peserta yang melek IT sehingga wajib memiliki dan dapat mengoperasikan PC/laptop dengan baik.

Tujuan Umum dan Khusus Pelatihan:

  1. Menguasai materi berpikir komputasional secara general atau umum sehingga pembelajaran dapat diterapkan disetiap tingkatan kelas
  2. Menguasai materi berpikir komputasional sehingga dapat menyelesaikan persoalan komputasi dan otomasi yang mengandung struktur data kompleks dan berpola pada jejaring, pola, dan algoritmik dan menganalisis persoalan tersebut sehingga dapat menghasilkan solusi beserta alasan dan pertimbangan dalam bentuk struktur data (dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, algoritmik) pada metode berpikir komputasional

Silabus:

Modul 1. Berpikir Komputasional di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (4 jam)

Pengenalan mengenai konsep berpikir komputasional berdasarkan defenisi, karakteristik, manfaat, dan juga peranannya dalam pendidikan tingkat SMP

Modul 2. Metode Berpikir Komputasional  (5 jam)

Pengenalan metode-metode berpikir komputasional yang digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan defenisi dan contoh soal

Modul 3. Tantangan Bebras di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (5 jam)

Pengenalan mengenai konsep tantangan bebras berdasarkan defenisi dan tujuan, serta contoh-contoh soal dengan pembahasannya

Ujian Pelatihan (4 jam)

Daftar Modul:

Modul 1. Berpikir Komputasional di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Topik:

  1. Pengertian dan Karakteristik Berpikir Komputasional,
  2. Proses Pemecahan Masalah dalam Berpikir Komputasional,
  3. Manfaat Berpikir Komputasional, dan
  4. Pentingnya Berpikir Komputasional pada Bidang Pendidikan

Modul 2. Metode Berpikir Komputasional

Topik:

  1. Pengenalan Metode Berpikir Komputasional
  2. Abstraksi
  3. Pengenalan pola
  4. Dekomposisi
  5. Algoritma

Modul 3. Tantangan Bebras di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Topik:

  1. Pengertian Tantangan Bebras,
  2. Tujuan Tantangan Bebras, dan
  3. Soal-soal Tantangan Bebras

Metode Ajar:

Online – Self-paced Learning

  1. Total jam belajar : 18 jam
  2. Rekomendasi waktu belajar : 1 jam per hari
  3. Anda tentukan sendiri berapa lama waktu yang akan digunakan untuk belajar materi pelatihan ini selama masih aktif terdaftar pada program

Fasilitas Pengajaran

  1. Materi bacaan elektronik : Materi akan disajikan dalam bentuk teks, bacaan, dan tambahan video pembelajaran
  2. Evaluasi pembelajaran : Ujian akhir pelatihan
  3. E-Sertifikat