Kurikulum Pendidikan IT Del

Tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran untuk setiap program pendidikan yang diselenggarakan di IT Del, dirumuskan dengan mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan dari Kerangka Kualifikasi Nasional indonesia (KKNI). Kurikulum pendidikan IT Del disusun mengacu pada empat paradigma, yaitu: (1) berbasis pada capaian dan produk yang secara eksplisit dan terukur menetapkan capaian yang harus diraih lulusan setelah menempuh pendidikan di IT Del; (2) berpusat pada peserta didik yang berorientasi pada kebutuhan, kemampuan, minat dan pola belajar; (3) acuan dan dikaji banding dengan akreditasi internasional yang berbasis sains dan teknologi digunakan dalam merancang seluruh kurikulum Program Studi sehingga eksistensinya mendapat pengakuan dari masyarakat akademik dunia; dan (4) pelaksanaan kurikulum yang melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam rangka peningkatan mutu secara berkesinambungan.

Pengalaman Pembelajaran Terpadu

Aktivitas mahasiswa mencakup pembelajaran aktif dan interaktif  yang  dikemas  dalam pembelajaran  kolaboratif. Aktivitas pembelajaran seperti ini mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi bidang ilmu yang diminatinya dan kemudian membangun pengetahuannya secara bertanggung jawab yang   pada akhirnya mencapai kompetensi sebagaimana ditetapkan di dalam kurikulum. Metode ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang aktif, atau dikenal dengan Students Center Learning (SCL), dimana mahasiswa berlatih  untuk  belajar  beyond  the  classroom  dan thinking outside the  box  (berpikir di luar pakem yang ada, berpikir secara berbeda atau dengan menggunakan perspektif  baru), serta berlatih memecahkan masalah. Berpikir di luar pakem dikenal pula sebagai suatu proses berpikir lateral.

Strategi pembelajaran inquiri merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered approach). Rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.

Peningkatan kemampuan Bahasa Asing pada mahasiswa dilakukan dengan latihan menguasai bahasa Inggris di bawah pengawasan UPT Bahasa, pemberlakuan English Day, dan sering mengundang Dosen Tamu Asing.

Untuk menambah keterampilan, mahasiswa diberikankan Program Sertifikasi Tambahan seperti SISCO, Premaster, MATLAB (Matrix Laboratory), dan Pelatihan Sistem Produksi Ramping kepada Calon Lulusan Sarjana Manajemen Rekayasa. Setiap lulusan selain menerima ijazah juga akan mendapatkan Surat keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang di dalamnya dilengkapi dengan catatan tentang prestasi mahasiswa akademik dan perilaku. Hal ini membuat Kemampuan Mendapatkan Pekerjaan (Employability) lulusan meningkat, terbukti bahwa lulusan IT Del dapat dengan mudah dan cepat diserap di dunia industri. Perekrutan oleh industri ternama sering langsung datang ke Kampus IT Del.

Dosen Bereputasi

Keberadaan dosen dalam Kampus sangat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tingkat diskusi dan kolaborasi lebih terjamin. Para dosen IT Del berasal dari lulusan universitas terkemuka, seperti: University of Maine, Karlsruhe Institute of Technology, University of Wollongong, Swinburne University of Technology, Delft University of Technology, Konkuk University Seoul, Monash University, Chiba University, University of Lausanne, University of Amsterdam, University of Applied Sciences Würzburg-Schweinfurt, ITB, UI, dan UGM.

Pendidikan Karakter

Proses pendidikan karakter melibatkan ragam aspek perkembangan peserta didik, baik kognitif,  afektif, maupun psikomotorik sebagai suatu keutuhan (holistik) dalam konteks kehidupan kultural. Proses pembelajaran yang membangun karakter tidak bisa sebagai proses linier layaknya dalam  pembelajaran kebanyakan  bidang  studi yang  bersifat  transformasi  informasi.

Pembentukan, pengembangan, dan penguatan karakter mahasiswa di IT Del adalah salah satu upaya dan proses pengejawantahan nilai-nilai moral bangsa. Upaya mendidik mahasiswa yang tidak hanya ahli di bidangnya (hardskills) namun diikuti dengan karakter yang senantiasa menghidupi dan mengimplementasikan nilai-nilai Del dan menghidupi 3M: (1) MarTuhan (godliness): Beriman (faithful), Ceria (cheerful), Peduli (caring); (2) Marroha (conscious): Tulus (trustworthy), Bertanggung Jawab (responsible), Tangguh (gritty); dan (3) Marbisuk (wise): Ingin tahu (curious), Inovatif (innovative), Cerdas (smart).

Tujuan pembentukan karakter 3M adalah memastikan bahwa setiap mahasiswa mengenal dan melaksanakan nilai-nilai Del dan menjadikannya sebagai bagian dari diri “being” yang utuh dan menyeluruh. Pengembangan karakter sebagai upaya menyampaikan dan memperkenalkan dan membawa seluruh civitas, khususnya mahasiswa IT Del kepada nilai-nilai 3M. Karakter dikembangkan mulai dari tahap “mengetahui (knowing), melaksanakan (doing/acting), dan menjadi bagian dari kebiasaan diri (habits); baik dalam suasana kegiatan akademik maupun kegiatan lain non-akademik. Baik selama mengikuti proses pembelajaran di Kampus IT Del maupun setelah meninggalkan Kampus Del.

Fokus pengembangan pendidikan karakter yaitu mengembangkan potensi  mahasiswa sebagai satu kesatuan pribadi yang utuh. Keutuhan dapat dilihat pada penguasaan ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diminati di IT Del (seperti Informatika, Elektro, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Manajemen Rekayasa, dan Bioproses) dan dalam penguasaan itu dilaksanakan dengan dan bersama “Nilai 3M”. Secara implisit terdapat pada tata perilaku Tertib-Berbuaya-Ceria (TBC) yang juga menjadi semboyan dalam menjalankan setiap ketentuan dan peraturan sesuai standar minimal yang perlu dilakukan.  Fokus pendidikan adalah mewujudkan suasana pembelajaran, juga pada bagian proses yang secara aktif mengembangkan potensi dirinya dengan belajar sepanjang hayat.

Kehidupan Berasrama

Nilai-nilai 3M dapat dirasakan bila diimplementasikan dalam kehidupan bersama dalam asrama. Kehidupan berasrama sebagai suatu komunitas ini dijalani dan dihayati sebagai keluarga besar yang saling menerima, saling mendukung, bekerja sama, berbahagia (tertib) dan memasukkan nilai-nilai sosial, misalnya saling menghargai, saling mengasihi sebagai keluarga besar (berbudaya) dan dalam pelaksanaan segala yang berkaitan dengan kebersamaan secara langsung mencerminkan keceriaan (tanpa keterpaksaan).

Mahasiswa terlatih untuk tim kerja yang solid, kolaborasi yang baik, saling menghargai, memupuk persaudaraan dan kepedulian, berjiwa solidaritas, menjunjung nilai-nilai moral tinggi, disiplin diri, bersih dan rapih. Karakter yang dibangun dan dikembangkan, bukanlah karakter yang “hanya melaksanakan” peraturan yang berlaku. Bukan karena peraturan, melainkan karena dari dalam dirinya muncul kesadaran dan keinginan untuk berbuat lebih baik.

Fasilitas Kampus

Fasilitas akademik kelas dunia, antara lain terdiri dari: Laboratorium, Ruang Kelas, Internet, Asrama, Kantin, Sarana Olahraga, UKM, Layanan Karir, Layanan Sistem Informasi Akademik (Campus Information System), klinik Del, ruang belajar kolaborasi, kampus diawasi satpam 24 jam, rumah dinas, dan asrama mahasiswa.

Lokasi Asri dan Kampus Hijau

Kampus IT Del menjunjung tinggi prinsip go-green, dengan luas sekitar 12 Ha, memiliki beragam jenis tanaman, jati, kemiri, cemara, durian, dan pepohonan berbagai buah. Belum lagi lapangan hijau yang menghiasi depan ruang kelas dan laboratorium, juga terbentang lapangan yang sesekali dipakai sebagai landasan untuk helikopter.

Beasiswa Berprestasi

Beasiswa Bagi Mahasiswa yang Berprestasi (40%). Beasiswa diberikan pada satu semester berupa subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau biaya bursar lainnya, yang besarnya tergantung dari NR (nilai Rata-rata) dan atau Indeks Prestasi Sementara (IPS) yang dicapainya pada satu semester sebelumnya. Semua beasiswa diberikan dalam bentuk ”voucher” yang berlaku untuk diperhitungkan pada pembayaran bursar dan tidak diberikan dalam bentuk uang tunai. Pembayaran bursar mencakup biaya pendidikan (SPP), biaya asrama, biaya kantin, atau biaya lainnya yang ditetapkan IT Del.

Jenis beasiswa berprestasi, yakni: a) Beasiswa Prestasi Per Semester atau Beasiswa NR, b) Penghargaan ”Best Performance”, c) Beasiswa Potensi Cum Laude, d) Penghargaan “Mahasiswa Teladan”. Beasiswa ini berasal dari Yayasan Del. Beasiswa lainnya juga terbuka bagi mahasiswa, misalnya dari Dikti, Kopertis, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Pemerintah, beasiswa bantuan ekonomi, dan beasiswa dari pihak swasta dan alumni.

Reputasi dan Jejaring Lulusan

Reputasi Lulusan IT Del sudah terkenal secara umum, antara lain bekerja sebagai Ahli Teknologi Informasi dan Komputer di perusahaan nasional dan multi-nasional, dosen di Universitas Amsterdam,  berhasil dalam melanjutkan Studi Magister dan Doktor pada universitas dalam dan luar negeri, dan ikatan jejaring lulusan yang kompak baik lingkup nasional maupun Internasional.

Kemitraan Strategis

Kemitraan Strategis dilakukan dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri, antara lain: Czech University of Life Sciences in Prague (CULS), University of Amsterdam, the International Computing Academy (ICA), PT Kinema Systrans multimedia ‘Infinite Studios’ (IS)”, Russia-Indonesia Business Council (RIBC), Hebei Normal university, University of Queensland, the University of Groningen,  Glints Singapore Pte.Ltd., University of Amsterdam, ITB, UGM, Universitas Kristen Petra, dan perguruan tinggi terkenal dalam negeri lainnya.