2.Pelatihan_SMA

Deskripsi 

Pada era industri 4.0 ini, hampir seluruh kegiatan manusia bergantung pada adanya internet. Hal ini menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi kehidupan zaman digital saat ini dan akan terus berkembang menjadi pola hidup masyarakat yang lebih modern. Untuk menghadapi perubahan pola hidup ini, dibutuhkan kemampuan literasi digital agar tetap dapat bersaing di era saat ini. Pendidikan berpikir komputasional adalah bagaimana tenaga pengajar dapat menanamkan kebudayaan yang maju di era digital saat ini.

Berpikir komputasional merupakan proses berfikir yang melibatkan perumusan masalah dan pengekpresian solusinya sedmikian rupa sehingga komputer, manusia dan mesin dapat melakukannya secara efektif. Dengan kata lain, BK berfokus untuk mencari strategi yang paling efektif untuk mengatasi persoalan. Berpikir komputasional menjadi salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 ini sehingga beberapa negara termasuk Inggris, Finlandia, Korea Selatan dan Australia mengharuskan siswanya untuk belajar berpikir komputasi. Oleh sebab itulah, penting untuk mengajarkan berpikir komputasional.

  • BK menggerakkan pelajar untuk melampaui literasi teknologi
  • Berpikir komputasional berfokus untuk mengembangkan dan menggunakan strategi bk untuk memahami dan memecahkan persoalan
  • BK mendukung pembentukan kepercayaan diri dalam menghadapi masalah yang ambigu dan/atau kompleks
  • BK dapat digunakan untuk mendukung pemecahan masalah di semua disiplin ilmu
  • BK merupakan proses kognitif tingkat tinggi dengan cara memanipulasi data/informasi untuk melihat pola; melibatkan pemikiran, penalaran dan abstraksi
  • BK menjadi dasar untuk mempelajari keterampilan pengkodean atau pemrograman komputer

Target dan sasaran peserta pelatihan

  • Kelas ditujukan bagi guru SMA yang memiliki ketertarikan kepada hal-hal bersifat kuantitatif logis dan kemauan untuk belajar hal-hal baru, seperti tentang berpikir komputasional
  • Kelas dapat diikuti oleh seluruh guru SMA yang tercatat aktif mengajar dan tergolong melek akan teknologi atau setidaknya memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan komputer dalam proses belajar-mengajar.
  • Kelas ini dirancang untuk pemula, yaitu guru SMA yang belum mengenal berpikir komputasional ataupun ingin lebih mendalami tentang berpikir komputasional, sehingga tidak ada prasyarat dalam pemahaman yang dibutuhkan sebelumnya.
  • Peserta pelatihan harus bisa belajar mandiri, berkomitmen, memiliki rasa ingin ingin tahu dan tertarik pada setiap materi yang diberikan sehingga penyerapan informasi dapat terlaksana dengan baik.

Tujuan  umum dan khusus pelatihan

  • Di akhir kelas, peserta pelatihan diharapkan dapat memahami konsep berpikir komputasional, memahami permasalahan yang dapat diselesaikan dengan berpikir komputasional dan memahami pentingnya berpikir komputasional
  • Memahami konsep berpikir komputasioal, menjelaskan empat fondasi utama berpikir komputasional dan memberikan pemecahan masalah menggunakan fondasi BK
  • Memahami apa itu algoritma, merepresentasikan algoritma ke dalam bentuk diagram alir dan kode semu, memahami dan menerapkan jenis-jenis algoritma.
  • Mengenal gerakan Bebras dan Tantangan Bebras, menyelesaikan dan menganalisis pemecahan masalah soal-soal tantangan Bebras tingkat

Silabus

  • Pengenalan Berpikir Komputasional (BK): Pengenalan secara umum apa itu BK, tujuan dan manfaat mempelajari berpikir komputasional, kaitan ilmu komputer, pentingnya BK saat ini dan cara pengajaran BK. (3 jam)
  • Pengenalan Fondasi BK: Penjelasan mendalam tentang konsep BK dan empat fondasi utama BK yaitu dekomposisi, identifikasi pola, abstraksi, dan algoritmik. (4 jam)
  • Penganalan Algoritma: Pengenalan apa itu Algoritma, Algoritma dalam bentuk diagram alir dan kode semu, serta jenis-jenis algoritma: pencarian, pengurutan, tumpukan dan antrian. (4 jam)
  • Bebras dan Bebras Challenge: Pengenalan tentang gerakan Bebras dan Bebras Challenge, contoh-contoh soal Bebras Challenge, pembahasan soal-soal Bebras Challenge (4 jam)

Metode ajar

  • Online – Self Paced Learning
  • Total jam belajar : 18 jam
  • Rekomendasi waktu belajar : 1 jam perhari ( selesai dalam 18 hari)
  • Peserta pelatihan dapat menentukan sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari materi yang diberikan selama peserta masih terdaftar pada kelas.
  • Fasilitas pengajaran
  • Media pelatihan yang digunakan Google Classroom
  • Materi bacaan elektronik: materi akan disajkan dalam bentuk modul dan slide presentasi
  • Fasilitas pendukung materi: tiap materi akan dilengkapi video pembelajaran untuk mendukung proses penyerapan informasi, sumber-sumber bacaan pendukung
  • Forum diskusi: Forum diskusi akan dibuat pada grup Whatsapp untuk melaporkan maslah teknis dan diskusi seputar pembelajaran dapat dilakukan di kolom komentar pada masing-masing modul.
  • Evaluasi kemajuan peserta pelatihan Akan diberikan latihan tiap akhir modul dan pada akhir pembelajaran akan diberikan sebuah ujian akhir kelas.

Peralatan belajar

  • Peserta wajib memiliki akses ke jaringan internet melalui komputer atau alat elektronik lainnya.
  • Peserta sudah melakukan registrasi untuk mendapatkan akun yang akan digunakan untuk mengakses kelas pelatihan yang dibuat.

Alur pelaksanaan pelatihan

  • Alur Pendaftaran

Calon peserta pelatihan mengisi formulir pendaftaran untuk mendapatkan akun Google Classroom pelatihan. Jumlah kuota pada pelatihan ini hanya terbatas untuk 20 peserta sehingga peserta yang nantinya lolos untuk mengikuti pelatihan ini akan diberitahukan lewat email dan diberikan link untuk mengakses pelatihan yang ada.

  • Alur Belajar
  • Acara pembukaan pelatihan lewat media ZOOM
  • Langkah pembelajaran pertama yaitu menyelesaikan materi pada Modul 1: Pengenalan Berpikir Komputasional
  • Agar dapat menyelesaikan Modul 01, peserta pelatihan wajib menyelesaikan pretest, membaca dan memahami materi yang diberikan dan mengikuti post-tes di akhir sesi pelatihan Modul 01.
  • Langkah setelahnya : menyelesaikan materi pada Modul 2: Pengenalan Fondasi Berpikir Komputasional. Sama seperti modul 01, untuk modul-modul selanjutnya peserta harus menyelesaikan serangkaian kegiatan yang tersedia untuk dapat menyelesaikan modul tersebut.
  • Langkah setelahnya : Setelah peserta menyelesaikan Mmodul 01 hingga Modul 04, peserta pelatihan akan mengikuti ujian final.
  • Pada akhir sesi, peserta pelatihan akan mengisi umpan balik (feedback) berupa tanggapan dan saran terhadap pelaksanaan pelatihan ini.
  • Penyerahan sertifikat pelatihan dan penutupan pelaksanaan pelatihan lewat media ZOOM

Mekanisme Pelatihan

Sebelum memilai pelatihan ini, anda perlu untuk mengetahui tata cara pelaksanaan pelatihan dan fasilitas yang tersedia agar mingkatkan efektivitas pelatihan anda bersama dengan kami.

Materi Pelatihan

Materi yang digunakan pada pelatihan pada umumnya menggunakan bahan bacaan yang akan diberikan pada setiap modul pelatihan.

Forum Diskusi

Pada setiap kelas modul pelatihan, tersedia forum diskusi yang dapat anda gunakan untuk bertanya dan juga menjawab mengenai materi yang dibahas pada kelas. Instruktur kami akan membantu anda pada forum diskusi ini. Selain instruktur, anda juga dapat memberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang diberikan oleh peserta pelatihan lainnya. Oleh sebab itu, silahkan saling aktif dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan anda dalam forum diskusi.

Jika anda mengalami kendala, anda dapat menyampaikannya pada grup whatsapp. Oleh sebab itu, anda sudah bergabung dalam grup whatsapp pelatihan Dasar ISO 28000 ( link here ).

Evaluasi Pelatihan

Terdapat berbagai jenis bahan evaluasi yang digunakan pada pelatihan ini untuk memeriksa perkembangan pemahaman anda selama mengikuti pelatihan ini. Pada setiap kelas akan diberikan tes awal dan juga tes akhir. Adapun setiap pertanyaan yang disampaikan pada tes tersebut pasti terdapat pada materi pelatihan yang diberikan. Sehingga apabila anda tidak dapat memenuhi kriteria kelulusan kelas pada tes akhir (pot-test), anda dapat mengulang pembelajaran materi dan mengikuti kembali tes akhir tersebut (post-test).

Selain itu, untuk dapat membantu anda dalam melakukan evaluasi mandiri, kami menyediakan pertanyaan refleksi yang dapat anda jawab.