Program Studi S1 Informatika (http://s1if.del.ac.id/)

Informatika merupakan salah satu core technology dalam sistem teknologi yang dikenal sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology), karena melalui pemfungsian Informatika-lah diperoleh produk-produk perangkat lunak (software products) yang memungkinkan terwujudnya sifat intelligent dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan strategic enabling technology dalam menopang upaya pencerdasan kehidupan bangsa, dalam aktivitas berbisnis, berindustri, berorganisasi, berfungsinya pemerintahan, pertahanan Negara, dan dalam memfasilitasi kemudahan-kemudahan masyarakat luas dalam tata kehidupan sehari-harinya.

Program Studi S1 Informatika (PSIF) di Institut Teknologi Del (IT Del) memiliki cakupan bidang ilmu (body of knowledge) meliputi area ilmu komputer (Computer Science), rekayasa perangkat lunak (Software Engineering), keamanan siber (Cybersecurity), dan ilmu data (Data Science). Lulusan dari PSIF dipersiapkan untuk dapat memiliki kemampuan analisis persoalan yang terkait bidang computer science dan pengembangan perangkat lunak mulai dari yang sederhana yang sampai yang kompleks ataupun berskala besar. Selain itu, lulusan PSIF juga dipersiapkan memiliki kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan keamanan yang diperlukan pada suatu perangkat lunak. Dan, terakhir, seorang lulusan PSSTI diproyeksikan untuk memiliki kemampuan mengembangkan perangkat lunak yang pintar menggunakan sejumlah teknik kecerdasan buatan dan secara khusus memiliki kemampuan untuk menjadi artificial intelligence engineer.

 

Visi dari program studi PSSTI adalah: “Menjadi program Teknik Informatika yang unggul yang berperan dalam menghasilkan dan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan potensi lokal bagi kemajuan bangsa pada tahun 2023.”

Misi untuk mewujudkan visi. Misi PSSTI adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik informatika yang bermutu, profesional dan diperhitungkan secara nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan dan memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan potensi lokal.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik informatika.
Struktur Kurikulum Program Studi Informatika Program Sarjana Profil Lulusan Program Studi Informatika Program Sarjana Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Informatika Program Sarjana