IMG_4235

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarat (PkM) dengan judul “Pelatihan Metode Ilmiah dan Analisis Statistika untuk Siswa SMKS Arjuna” telah sukses dilaksanakan pada tanggal 13 Mei, 20 Mei dan 10 Juni 2023. Kegiatan ini diketuai oleh Junita Amalia dari Fakultas Informatika dan Elektro sekaligus sebagai narasumber bersama dua dosen Fakultas Vokasi yaitu Ike Fitriyaningsih dan Sahat Nainggolan. Pelaksanaan kegiatan ini juga dibantu oleh 6 orang mahasiswa IT Del yaitu Sri Hartati A. Panjaitan, Putri Kesuma Indah Jawak, Yosephine Siburian, Dame Rumapea, Sitogap Antonio Octavianus Girsang dan Kevin Unedo Samosir. Tim narasumber yang merupakan dosen-dosen matematika dan statistika memaparkan materi dengan baik dan mudah dipahami, sehingga siswa SMK Arjuna menikmati kegiatan ini dengan senang hati. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang diberikan pada 35 orang siswa/i yang mengikuti pelatihan didampingi empat orang guru di Laboratorium Komputer SMKS Arjuna.

Pada pertemuan pertama, hari Sabtu 13 Mei 2023, para peserta diperkenalkan dengan bagaimana cara membuat sebuah karya ilmiah dan konsep dasar analisis data sederhana dengan statistika deskriptif. Materi yang dibagikan dimulai dengan menjelaskan kekhasan dari suatu karya ilmiah yaitu bagaimana menentukan sebuah permasalahan, lalu diikuti dengan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, analisa, dan kesimpulan yang diperoleh, serta dilaporkan menjadi naskah tersendiri. Siswa diajarkan dalam menentukan suatu permasalahan yang dimulai dari fenomena di lingkungan sekitar atau suatu pengalaman yang terukur sampai menjadi sebuah tulisan ilmiah. Tentunya pemahaman yang benar dalam membuat karya tulis ilmiah adalah dengan memahami sistematika penulisan yang baik, teknik merumuskan masalah, dan teknik menentukan landasan teori yang tepat. Inilah yang menjadi konsep dasar siswa yang dibagikan di awal pertemuan.

IMG_4307  IMG_4316

Selain itu, siswa diajarkan menggunakan metode kuantitatif dengan memanfaatkan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Selain itu siswa diajarkan melakukan statistika deskriptif sederhana menggunakan excel, seperti membuat digram garis, batang, lingkaran serta menjtukan persebaran data yang dimiliki. Dengan demikian, siswa tidak perlu lagi melakukan penghitungan data secara manual, yang akan mempersingkat waktu dalam analisis data.

Pada pertemuan kedua yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 2023, siswa diminta untuk menyusun sebuah karya ilmiah secara berkelompok. Dosen dan rekan mahasiswa membantu siswa untuk menentukan topik yang akan dibuat menjadi karya ilmiah. Setelah topik ditentukan, siswa berdiskusi dengan teman sekelompok metode apa yang digunakan untuk melakukan analisis datanya, tentunya dengan supervisi dari dosen dan rekan-rekan mahasiswa dari IT Del. Topik-topik karya ilmiah yang diajukan siswa sangat menarik seperti Pengaruh Penggunaan Gadget bagi Anak dibawah Enam Tahun, Pengaruh Teknologi Digital Pada  Siswa/i Kelas XI di SMK  Arjuna, Dampak Media Sosial terhadap Intensitas  Belajar  Siswa SMK Swasta Arjuna dan lain sebagianya.  Karya ilmiah yang dibuat akan dipresentasikan oleh siswa dan dinilai oleh juri dari dosen Insitut Teknologi Del.

IMG20230610133330  IMG20230610134744

Kelompok yang menggunakan metode kuantitatif membuat kuesioner terstruktur dan objektif dalam Google Form, yang mencakup pertanyaan dan pilihan jawaban. Skala penilaian atau pilihan ganda digunakan agar siswa dapat menghitung persentase berdasarkan jumlah responden yang memberikan jawaban tertentu. Misalnya, jika terdapat pertanyaan dengan pilihan jawaban “Sangat Setuju,” “Setuju,” “Netral,” “Tidak Setuju,” dan “Sangat Tidak Setuju,” siswa dapat menghitung persentase setiap pilihan jawaban berdasarkan jumlah responden yang memilih masing-masing pilihan. Hal ini memberikan gambaran tentang sejauh mana pendapat responden terkait dengan topik penelitian. Selain itu, sebagian dari metode kuantitatif yang diterapkan dalam PkM ini siswa juga melibatkan metode kualitatif yaitu wawancara sebagai cara pengumpulan data. Siswa melakukan wawancara dengan responden yang telah mereka identifikasi sebelumnya. Google Form memungkinkan siswa untuk mengirimkan kuesioner secara online kepada responden, seperti rekan sekelas, guru, atau pihak terkait.

IMG20230610144659  IMG20230610160031

Pertemuan terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 10 juni 2023, menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa karena akan ditentukan karya ilmiah terbaik. Raut wajah yang antusias tampak saat presentasi dilakukan. Satu persatu kelompok maju dengan penuh percaya diri mempresentasikan hasil karya ilmiah yang sudah dibuat. Proses penilaian dilakukan oleh Hernawati Samosir, Ike Fitriyaningsih, Junita Amalia dan Sahat Nainggolan. Penilaian didasarkan pada laporan karya ilmiah dan presentasi yang telah dilakukan oleh para siswa. Sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras yang sudah dilakukan siswa, tiga karya terbaik dipilih untuk diberi apresiasi dengan reward berupa hadiah sederhana. Tiga karya terbaik yaitu dari kelompok 2 dengan judul “Analisis Pengaruh Kualitas Istirahat Terhadap Proses KBM di SMK Arjuna Laguboti”, kelompok 1 dengan judul “Pengaruh Penggunaan Gadget bagi Anak dibawah Enam Tahun” dan kelompok 6 dengan judul “Dampak Media Sosial Terhadap Intensitas  Belajar  Siswa SMK Swasta ARJUNA”. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa termotivasi untuk mengikuti kompetisi penulisan karya ilmiah diwaktu yang akan datang.