IMG_2421

Pembangunan kepariwisataan nasional dibagi ke dalam 4 aspek, yaitu destinasi wisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata dan kelembagaan kepariwisataan. Untuk menjawab tantangan perubahan trend pariwisata dunia yang memanfaatkan teknologi digital saat ini maka beberapa strategi pengembangan kepariwisataan harus dilakukan untuk menangkap peluang tersebut. Strategi promosi dan pemasaran pariwisata berbasis teknologi menjadi aspek yang perlu untuk terapkan.

Kawasan Danau Toba adalah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia. Dalam perkembangannya, pemasaran pariwisata di kawasan ini masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, pembangunan website desa wisata di Kawasan Danau Toba menjadi salah satu pilihan strategi pengembangannya. Pembangunan website desa wisata di kawasan Danau Toba dilaksanakan oleh tim dari Institut Teknologi Del. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 tahap, dimana tahap pertama (tahun 2020) adalah pembangunan website untuk desa wisata berkembang, sedangkan tahap kedua (tahun 2021) untuk pembangunan website desa wisata rintisan.

Pada tahap 1, terdapat 6 website desa wisata yang telah dibangun, yaitu:
1. Marbun Toruan (Humbang Hasundutan) — https://desawisatamarbuntoruan.com
2. Tipang (Humbang Hasundutan) — https://desawisatatipang.com
3. Lumban Bulbul (Toba) — https://desawisatalumbanbulbul.com
4. Jangga Dolok (Toba) — https://desawisatajanggadolok.com
5. Sigapiton (Toba) — https://desawisatasigapiton.com
6. Tiga Rihit (Simalungun) — https://desawisatatigarihit.com

Pada tahap 2, terdapat 13 website desa wisata yang dibangun, yaitu:
1. Pearung (Humbang Hasundutan) — desawisatapearung.com
2. Nagasaribu (Humbang Hasundutan) — desawisatanagasaribu.com
3. Hariara Pohan (Samosir) — desawisatahariarapohan.com
4. Sosor Dolok (Samosir) — desawisatasosordolok.com
5. Parlondut (Samosir) — desawisatabagotparlondut.com
6. Sibandang (Tapanuli Utara) — desawisatasibandang.com
7. Huta Nagodang (Tapanuli Utara) — desawisatahutanagodang.com
8. Onan Runggu 1 (Tapanuli Utara) — desawisataonanrunggu1.com
9. Huta Ginjang (Tapanuli Utara) — desawisatahutaginjang.com
10. Lintong ni Huta (Toba) — desawisatalintongnihuta.com
11. Tarabunga (Toba) — desawisatatarabunga.com
12. Meat (Toba) — desawisatameat.com
13. Pardamean Sibisa (Toba) — desawisatapardameansibisa.com

Setelah website desa wisata dibangun, maka diselenggarakan pelatihan untuk tiap perwakilan desa yang terdiri dari anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan perangkat desa. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Desember 2021, di kampus Institut Teknologi Del.

Pada Pelatihan 1, peserta pelatihan dilatih untuk dapat mengelola website desa wisata seperti mengelola user, mengelola Profil Desa, mengelola Kategori Wisata, mengelola Paket Wisata, dll. Fokus dari Pelatihan 1 ini adalah memberikan pemahaman dan kemampuan bagi para pengelola website desa untuk dapat menambah, mengubah ataupun menghapus berbagai fitur yang disediakan pada website.

Pada Pelatihan 2, para peserta pelatihan dilatih untuk dapat mengisi berbagai konten pada website, misalnya menambahkan berbagai aktivitas wisata di desa, menambahkan informasi obyek-obyek wisata di desa dan juga menambahkan berita-berita terkini yang terjadi di desa.

Setelah pelatihan selesai dilaksanakan, maka tim IT Del tetap melaksanakan pendampingan kepada para pengelola website desa wisata. Hal ini adalah bentuk komitmen untuk memastikan website desa wisata dikelola dengan baik dan memberi dampak positif dalam pengembangan kepariwisataan di tiap desa.

IMG_2427  IMG_2436

IMG_2438  IMG_2445

IMG_2441  IMG_2443