https://www.youtube.com/watch?v=SzAwvbIz4bY&t=70s

Institut Teknologi Del memiliki beberapa karya inovasi Tahun 2020 :

 

1. Karya Inovasi Del E-Government
Inovasi Del E – Government merupakan suatu pusat potensi dosen yang memadai dengan potensi dan pengalaman dalam pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ( SPBE ) . Kegiatan penelitian dalam E – Government Centre antara lain adalah Penerapan Al pada peta Aplikasi PBB, UI/UX pada aplikasi SIMRS E-Government Centre, dan penerapan Machine Learning pada aplikasi SIMRS E-Government Centre. Kegiatan Del E–Government Centre ini sudah digunakan diempat Kabupaten yaitu Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Dosen IT Del yang terlibat dalam Karya Inovasi Del E-Government Centre ini adalah Anthon Roberto Tampubolon, S. Kom, M.T , Marojahan Mula Timbul Sigiro, ST, M.Sc , Lit Malem Ginting, S.Si, MT. Ada beberapa Aplikasi dalam E- Government Centre seperti E-Budgeting merupakan aplikasi yang mengelola penganggaran keuangan pemerintah daerah, Aplikasi E – Perizinan merupakan Aplikasi Layanan Publik untuk proses perizinan, Aplikasi E-Database merupakan aplikasi SIPD yang akan memudahkan cara kerja perencanaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien, Aplikasi E – Keuangan yang merupakan aplikasi untuk mengelola penganggaran keuangan pemerintah daerah, dan Aplikasi E – Planning merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk memanajemen perencanaan daerah di pemerintahan.
2. Karya Inovasi Alat Pengering Andaliman
Inovasi Alat Pengering Andaliman dibuat dan diterapkan untuk meningkatkan produktivitas produk turunan andaliman Taman Eden 100. Dosen yang terlibat dalam Inovasi Alat Pengering andaliman ini adalah Benedikta Anna Haulian Siboro, S.T., M.Sc, Rizal Horas Manahan Sinaga, S.Si., M.T, dan Devis Wawan Saputra, ST., MBA. Sebelum melakukan pembuatan alat pengering andaliman ini Tim terlebih dahulu melakukan grup diskusi dengan Petani andaliman Taman Eden 100 dan setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan kerangka alat pengering andaliman hingga selesai dan dapat digunakan.
3. Karya Inovasi Aplikasi Del Augmented Reality ( Del AR )
Inovasi Del Augmented Reality ( Del AR ) merupakan aplikasi pengenalan Gedung di Institut Teknologi Del. Tim yang terlibat dalam inovasi Aplikasi Del AR ini adalah Togu Novriansyah Turnip, S.S.T., MIM dan Samuel Indra Gunawan Situmeang, S.Ti., M.Sc. Aplikasi Del AR ini ditujukan untuk tamu-tamu yang berkunjung ke kampus Institut Teknologi Del dan Mahasiswa baru Institut Teknologi Del.
4. Karya Inovasi Digital Tenun Nusantara Ditenun )
Inovasi Aplikasi DItenun ( Digital Tenun Nusantara ) adalah startup yang berfokus pada penciptaan motif tenun digital lewat aplikasi berbasis Al ( Kecerdasan Buatan ). Tim yang terlibat dalam Inovasi Aplikasi Ditenun ini adalah Dr. Arlinta Christy Barus, S.T., M.InfoTech, Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T, M.InfoTech, Riyanthi Angrainy Sianturi, S.Sos, M.Ds, Yaya Setiyadi, S.Si, M.T, Johannes Harungguan Sianipar, ST, MT, Teamsar Muliadi Panggabean, S.Kom, PGCert, Eka Stephani Sinambela, SST., M.Sc, Santi Agustina Manalu, S.S., M.Pd, dan Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD. Template yang digunakan pada aplikasi ditenun telah diatur sesuai dengan aturan dan nilai – nilai ulos tersebut. Aplikasi ditenun ini telah digunakan oleh beberapa penenun dan mendapatkan apresiasi.
5. Karya Inovasi Aplikasi Malware Android Detector ( Maltor )
Inovasi Aplikasi Malware Android Detector ( Maltor ) merupakan aplikasi deteksi Malware untuk Android. Tim yang terlibat dalam Inovasi Aplikasi Maltor ini adalah Togu Novriansyah Turnip, S.S.T., MIM. Aplikasi Maltor ini melakukan deteksi pada aplikasi android yang belum dijalankan. Pengguna akan memberikan aplikasi yang ingin dideteksi oleh Maltor dan menerima hasil deteksi aplikasi.
6. Karya Inovasi Automatic Compost
Inovasi Automatic Compost dibuat agar pembuatan kompos bisa lebih cepat dan lebih menjaga lungkungan. Tim yang terlibat dalam inovasi Automatic Compost adalah Indra Hartarto Tambunan, ST., MT , Dedy Anwar, ST., MT , Philippians Manurung, S.T. Untuk mengaktifkan daya pada mesin automatic compost ini sumber daya harus dihubungkan oleh PLN agar mesin bisa bekerja dengan baik.
7. Karya Inovasi Aplikasi Siappara
Inovasi Siappara merupakan aplikasi yang digunakan oleh petugas pasar untuk membantu pemungutan retribusi agar lebih cepat dan mengurangi kebocoran pembayaran. Tim yang terlibat dalam karya Inovasi Aplikasi Siappara adalah Yohanssen Pratama, S.Si, M.T, Verawaty Situmorang, S.Kom., M.T.I , Dr. Armaldo Marulitua Sinaga, S.T, M.InfoTech , Riyanthi Angrainy Sianturi, S.Sos, M.Ds , Abi Gail Simatupang, S.Tr. Kom , Franz Aditya Natanael Sinaga, S.Tr. Kom, dan Adi Siagian, S.Tr.Kom. Aplikasi Siappara sudah dipercobakan di beberapa pasar di Kabupaten Humbang Hasundutan seperti Pasar Hutagalung, Pasar Parluasan, dan Pasar Parlilitan.