Foto bersama peserta kegiatan lokakarya Pengenalan Teknologi 3D Printing

Salah satu laboratorium termutakhir di IT Del saat ini adalah Laboratorium Desain Produk dan Inovasi (Lab Desprin), yang merupakan satu dari sedikit laboratorium di Indonesia yang menyediakan fasilitas pembelajaran desain produk berbasis additive manufacturing. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 Fakultas Teknologi Industri (FTI), Institut Teknologi Del mengadakan kegiatan lokakarya pengenalan teknologi 3D Printing. Kegiatan ini melibatkan 17 guru dari 13  SMA/SMK se-kabupaten Toba. Jumlah peserta lokakarya ini sengaja dibatasi untuk memastikan agar protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik.

Sebelum mengikuti kegiatan, peserta diharuskan melakukan Rapid Test antigen di Klinik IT Del untuk mengeliminasi resiko penyebaran Covid-19. Sebelum kegiatan dibuka Christoper Janwar Saputra Sinaga, S.T., M.A.B selaku Ketua Program Studi Manajemen Rekayasa FTI dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Balige Provinsi Sumatera Utara, Alfred Silalahi, S.Pd, M.Si, memberikan kata sambutan secara virtual melalui Live Zoom. Lokakarya dibuka secara resmi oleh Dekan FTI IT Del Dr.Yosef Manik setelah memberikan materi pembuka mengenai strategi pendidikan di era Industry 4.0.

Dalam lokakarya ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk mendesain sebuah produk dalam pemodelan 3D menggunakan Software CAD SolidWork. Setelah berhasil menggambar, peserta juga diberi kesempatan memproduksi langsung desain tersebut di mesin 3D printing menggunakan dua jenis mesin 3D printer berteknologi fused deposition modeling (FDM), yaitu Anycubic dan Flashforge. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Benedikta Siboro, S.T., M.Sc. selaku Kepala Lab Desprin dan Josua Boyke Jawak, S.T selaku Laboran Lab Desprin. Dalam kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa Manajemen Rekayasa (Himamera) berperan aktif baik secara daring dalam proses persiapan maupun sebagai tim pendukung yang membantu kegiatan lokakarya.

Melalui kegiatan lokakarya ini, diharapkan para guru yang merupakan pelaku penting dalam memajukan pendidikan terkhusus di Kabupaten Toba dapat mengenalkan teknologi ini kepada para peserta didiknya. Tentu saja bekal literasi teknologi ini sangat dibutuhkan para lulusan di era Revolusi Industri 4.0. Pada akhir kegiatan, para guru merasa senang dapat diikutsertakan dalam lokakarya ini dan merasa mendapatkan ilmu yang mendukung kinerja mereka sebagai pendidik.

Foto para peserta lokakarya praktik menggambar objek 3D dengan menggunakan CAD Solidworks yang dipandu oleh Instruktur (1) Foto para peserta lokakarya praktik menggambar objek 3D dengan menggunakan CAD Solidworks yang dipandu oleh Instruktur (2) Foto pengenalan teknologi 3d Printing oleh Ibu Benedikta Anna Haulian Siboro, S.T., M.Sc. selaku Kepala Lab Desprin Foto praktik mencetak objek 3D yang telah dibuat oleh para peserta lokakarya Foto Pemberian kata sambutan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Balige Provinsi Sumatera Utara secara virtual              Foto Pemberian kata sambutan oleh Christoper Janwar Saputra Sinaga, S.T., M.A.B selaku Kaprodi FTI secara virtual