Perpustakaan Institut Teknologi Del (IT Del) mengajukan akreditasi perpustakaan dengan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)  ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional RI. Akreditasi Perpustakaan dapat dilaksanakan dengan 2 cara yaitu pendanaan dari APBN atau pendanaan dari institusi pengusul. Akreditasi perpustakaan penting karena dapat dijadikan indikator capaian kinerja Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan. Keikutsertaan Perpustakaan IT Del pada kegiatan akreditasi perpustakaan diharapkan mampu mendorong terjadinya perbaikan kualitas pengelolaan perpustakaan lebih cepat.

1

3

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 1 April 2020, Rektor IT Del yaitu Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D., IPU memberikan arahan kepada Kepala Perpustakaan IT Del untuk menyusun persiapan dan rencana  kerja akreditasi perpustakaan ke Perpustakaan Nasional RI.  Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Perpustakaan IT Del melakukan koordinasi dan persiapan terkait pengajuan akreditasi Perpustakaan IT Del dengan seluruh tim Perpustakaan IT Del. Pada tanggal 29 Juli 2020, usulan akreditasi Perpustakaan IT Del diajukan ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI dengan mengirimkan instrumen akreditasi yang berisi data  6 komponen yang akan dinilai. Enam komponen dimaksud adalah komponen koleksi; sarana dan prasarana; pelayanan perpustakaan; tenaga perpustakaan; penyelenggaraan dan pengelolaan; dan komponen penguat.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Agustus 2020, Perpustakaan Nasional RI menerbitkan surat penugasan  asesor  akreditasi perpustakaan secara online. Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Sekolah (PSPT) Bapak Drs. Supriyanto, M.Si ditugaskan sebagai asesor pada akreditasi online Perpustakaan IT Del. Sesi akreditasi online beragenda diantaranya adalah: presentasi dari Kepala Perpustakaan  IT Del (Tiurma Lumban Gaol, S.P., M.P.), verifikasi bukti-bukti instrumen akreditasi, pemutaran video kegiatan Perpustakaan IT Del, dan tour online di Perpustakaan IT Del. Asesor kemudian memberikan masukan dan tanggapan yang cukup baik terhadap pengelolaan Perpustakaan IT Del. Asesor mengatakan bahwa pada intinya Perpustakaan IT Del sudah berjalan, sumber daya manusia (SDM)  sudah banyak yang berlatarbelakang bidang ilmu perpustakaan (ada 4 ditambah 1 kepala perpustakaan), kepala perpustakaan juga sudah S2, otomasi sudah bagus, secara umum sudah berjalan dan sudah di atas standar.

Selanjutnya pada tanggal 6 Agustus 2020, Kepala Perpustakaan Nasional RI menerbitkan sertifikat akreditasi Perpustakaan IT Del nomor 00162/LAP.PT/VIII.2020 dengan predikat akreditasi B. Capaian ini menjadi dasar Perpustakaan IT Del melakukan perbaikan pengelolaan secara berkelanjutan. Selamat kepada Perpustakaan IT Del.

568