Institut Teknologi Del (IT Del) membuka Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2013/2014 kepada seluruh lulusan SMA/SMK Teknik untuk menjadi mahasiswa baru angkatan XV. Mahasiswa akan dididik selama tiga sampai lima tahun menjadi tenaga professional di bidang teknologi informasi pada pilihan program studi :

  1. Strata 1 Teknik Informatika
  2. Strata 1 Sistem Informasi
  3. Strata 1 Teknik Manajemen Rekayasa
  4. Strata 1 Teknik Elektro
  5. Strata 1 Teknik Bioproses
  6. Sarjana Sains Terapan (D-IV) Teknik Informatika
  7. Diploma III Teknik Informatika
  8. Diploma III Teknik Komputer

Ujian masuk calon mahasiswa baru IT Del tahun akademik 2014/2015 diselenggarakan melalui dua pola penerimaan yaitu:

  1. Interest & Aptitude Test (PMDK)

Jalur penerimaan mahasiswa PMDK hanya ditujukan untuk beberapa sekolah SMA/SMK Teknik yang berada di Tobasa, Taput, Humbanghas, Samosir, Sibolga, Tapteng, Dairi, Simalungun dan Nias. Tujuan penerimaan mahasiswa jalur PMDK adalah untuk menjaring siswa-siswa daerah yang berprestasi secara akademik. Syarat PMDK IT Del 2014 adalah memenuhi salah satu persyaratan berikut:

  • Selalu menempati peringkat 1 s/d 10 siswa terbaik di kelasnya; atau
  • Secara konsisten di setiap semester memperoleh nilai minimal 8 untuk mata-pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.

Seleksi PMDK dilakukan berdasarkan penilaian kelengkapan administrasi dan evalusasi terhadap pencapaian atau prestasi akademik dan non akademik siswa. Siswa yang dinyatakan lulus melalui jalur PMDK diharuskan mengikuti Psikotest TNI AD namun bukan sebagai penentu kelulusan tetapi hanya sebagai profiling karakter saja.

  1. Ujian Saringan Masuk (USM)

USM ditujukan untuk lulusan SMA atau SMK Teknik dengan tahun ijazah 2012, 2013 atau 2014 dari seluruh daerah di Indonesia. Usia maksimum 21 tahun per 31 Agustus 2014 yang dibuktikan dengan akta kelahiran/akta kenal lahir. USM diselenggarakan dalam tiga gelombang yaitu:

a. USM Gelombang 1 (USM 1)

b. USM Gelombang 2 (USM 2)

c. USM Gelombang 3 (USM 3)

Setiap peserta USM harus mengikuti ujian tertulis Tes Potensi Akademik. Tes Potensi Akademik terdiri atas Tes Logika Umum (TLU), Matematika dan Bahasa Inggris. Peserta yang dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik diharuskan untuk mengikuti tes berikutnya yaitu Psikotest dari TNI AD. Peserta yang dinyatakan lulus Psikotest selanjutnya dapat mendaftar ulang di Kampus IT Del.

Informasi lebih lanjut dapat mengakses website PMB IT Del (spmb.del.ac.id).