Laguboti, 15 Desember 2018 Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) prodi sarjana Teknik Elektro Fakultas Teknik Informatika dan Elektro (FTIE) Institut Teknologi Del telah melaksanakan kompetisi robot line follower tingkat SMA se-Kabupaten Toba Samosir. Line Follower Competition merupakan suatu kompetisi regional Kabupaten Toba Samosir yang diadakan oleh HME IT Del yang terbuka bagi siswa/i SMA/SMK yang terdapat di kabupaten Toba Samosir. Line Follower Competition merupakan kompetisi robot di bidang line follower (robot pengikut garis) yang akan dilakukan tiap tahunnya.

web

Kompetisi robot line follower ini di ikuti oleh 13 SMA/SMK sekitar Toba Samosir, di antaranya adalah: SMK Negeri 1 LUMBAN JULU, SMK Negeri 1 BALIGE, SMA Negeri 1 LUMBAN JULU, SMA Negeri 1 ULUAN, SMA Negeri 1 PARMAKSIAN, SMA sw. BINTANG TIMUR 1 BALIGE, SMA Negeri 1 BALIGE, SMA Negeri 2 BALIGE, SMA Negeri 1 LAGUBOTI, SMA UNGGUL DEL, SMA Negeri 1 SILAEN, SMA Negeri 1 HABINSARAN, dan SMA Negeri 1 SIANTAR NARUMONDA.

Adapun motivasi dan tujuan dilakukannya kompetisi Line follower competition ini adalah: Sebagai ajang promosi Program Studi Teknik Elektro IT Del kepada masyarakat umum di sekitaran Toba Samosir, meningkatkan kemampuan siswa/i sekitaran Toba Samosir sebagai bekal mereka untuk melanjut ke perguruan tinggi. Serta memberikan wadah positif bagi kreatifitas siswa/i khususnya di kawasan Toba Samosir, dan sebagai penyelenggaran dari program kerja HME tahun 2018/2019 agar tercapainya program kerja yang telah disusun. Adapun motto dari kegiatan yang dilaksanakan adalah : “Execellent starts here” dan yang menjadi tema adalah : “Make Your Robot Make Your Future.

Kegiatan memiliki dua tahap besar yaitu training  dan competition. Sesi Training merupakan sesi dimana peserta diberi pembekalan ilmu dasar mengenai robot line follower. Pada sesi ini peserta akan mendapat pelatihan khusus secara intensif selama 3 kali pertemuan dengan 1 minggu sekali pertemuan. Pada sesi training ini peserta akan dilatih dalam perakitan robot dari bentuk spaprepart terpisah hingga menjadi robot yang siap jalan. Kemudian dalam sesi training peserta tidak hanya dilatih dalam perakitan robot melainkan peserta juga akan dilatih untuk memprogram robot dengan Bahasa pemograman Bahasa C. Dalam pelatihan bidang pemograman, peserta akan dilatih hingga memiliki kemampuan memprogram robot sampai robot dapat berjalan di lintasannya serta mengganti program dengan pengubahan program menjadi lebih sederhana algoritma nya. Competition merupakan acara puncak dimana peserta berlomba dengan robot masing-masing dengan algoritma masing-masing peserta. Dalam perlomban menggunakan system battle hed to head dimana robot peserta harus mencapai garis finish lebih dahulu agar dinyatakan menang dari pihak lawan. Perlombaan dibagi dalam 3 tahap, yaitu tahap penyisihan, semifinal, dan final. Pada tahap penyisihan seluruh peserta berlomba untuk mengambil tiket ke semifinal dengan peserta yang tersisih sebanyak 4 tim, kemudian di tahap semifinal akan disaring lagi menuju tahap final dan akan tersisih sebanyak 2 tim. Di tahap akhir yaitu tahap final tim yang diperlombakan sebanyak 4 tim dengan hasil akhir yang didapat Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, dan Harapan I.

Pada sesi pelatihan pertama setiap tim diperkenalkan dengan arduino yang merupakan sebuah rangkaian elektronik yang memiliki suatu komponen utama chip mikrokontroler. Kemudian trainer menjelaskan tentang bagian bagian pada papan arduino uno dan fungsi dari setiap bagian bagiannya. Dari pelatihan pertama ini siswa/i diharapkan mampu untuk dapat memahami dasar dasar robot dan persiapan untuk kompetisi robot line follower “1st Del Line Follower Robotic Competition” tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir.

Pada pelatihan kedua setiap tim mempelajari tentang  tampilan LCD pada robot, bagian bagian dari LCD, prinsip kerja LCD, pengaturan pin pada LCD, kemudian cara menghubungkan LCD dengan arduino Uno. Selain itu setiap tim mencoba membuat contoh kode program yang akan digunakan untuk menggerakkan robot line follower.

Pada pelatihan ketiga atau akhir dari pelatihan, setiap tim dari perwakilan sekolah menggunakan kode program dan menggerakkan robot line follower. Robot line follower harus mengikuti jalur lintasan yang telah di sediakan panitia. Pada percobaan ini siswa di harapkan untuk  berpikir kritis dalam memperbaiki setiap kesalahan dari kodingan supaya robot line follower dapat mengikuti jalur lintasan tersebut. Dilihat dari pelatihan line robotik pertama hingga terakhir, peserta selalu semangat dan antusias dalam pelatihan line robotik. Selain pelatihan pertama hingga ketiga, peserta setiap tim dapat melakukan pelatihan tambahan yang di sediakan oleh tim pelatih selama 12 hari dimulai dari tanggal 2 – 14 Desember dengan tujuan supaya setiap tim dapat mengatasi dan memperbaiki kesalahan dan error pada setiap kode program yang mungkin terjadi.

Kompetisi robot line follower “1st Del Line Follower Robotic Competition” berjalan dengan baik, dilihat dari antusias supporter dari berbagai SMK/SMK yang ikut menghadiri kompetisi ini, serta semangat dari tim peserta yang ikut berlomba. Disamping itu panitia Kompetisi robot line follower memberikan hadiah kepada tim supporter terheboh dan terkompak dari masing-masing perwakilan sekolah.

Dalam kompetisi ini beberapa siswa/i dari tiap sekolah berhasil menjalankan robot dengan baik. Adapun yang menjadi pemenang dari kompetisi robot line follower “1st Del Line Follower Robotic Competition” tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Toba Samosir ini adalah :

  1. Juara 1 : SMA Negeri 1 SILAEN
  2. Juara 2 : SMK Negeri 1 BALIGE
  3. Juara 3 : SMA Negeri 1 ULUAN
  4. Harapan 1 : SMA Negeri 1 LAGU BOTI
  5. Supporter Terbaik : SMK NEGERI 1 BALIGE

Setiap peserta memperoleh sertifikat atas keikutsertaan setiap tim mengikuti perlombaan ini. Disamping itu pemenang pertama memperoleh hadiah sebesar Rp. 400.000, piala, piala bergilir, sertifikat, serta voucer belanja robot senilai Rp. 1.798.000. Untuk peserta peraih juara 2 memperoleh: hadiah sebesar Rp. 300.000, piala, sertifikat, serta voucer belanja robot senilai Rp. 1.598.000. Untuk pemenang juara 3 memperoleh: hadiah sebesar Rp. 200.000, piala, sertifikat, serta voucer belanja robot senilai Rp. 1.298.000. dan untuk pemenang harapan 1 memperoleh: hadiah sebesar Rp. 100.000, sertifikat, serta voucer belanja robot senilai Rp. 1.098.000. dan yang berhasil menjadi supporter terheboh mendapatkan parcell makanan.

Setiap pemenang berhak menukarkan voucer belanja robot dari Indobot. Hal ini dilakukan supaya setiap Siswa/i yang memenangkan perlombaan dapat mengembangkan bakat dan kemampuan dalam bidang robot, dan mendorong setiap peserta yang belum berhasil memenangkan kompetisi ini supaya lebih bergiat lagi di kompetisi-kompetisi berikutnya.

70eae02b-ae11-4292-820f-18f50b85f55f 49b10870-2526-431d-8ddb-6e1ca49279e2 acb478a5-88d1-4e15-8619-64087cc60783 247ab1a6-b6a2-44fa-ae1a-32c4d1965f6a