DSC_0195

Pada hari Jumat, 23 Januari 2015 telah diadakan diskusi panel yang bertema “Mobile Technology for Indonesian Biofuels”. Diskusi panel ini merupakan bentuk kerjasama yang dijalin oleh Institut Teknologi Del dengan Universitas Groningen (RuG) Belanda. Seperti yang kita ketahui, Universitas Groningen merupakan universitas dengan reputasi sebagai salah satu universitas riset yang terkemuka di Eropa.

Hadir dalam diskusi panel ini perwakilan dari Universitas Groningen yakni Prof. Dr. Ir. Ton Broekhuis, Mr. Tim Zwaagstra, Dr. Bartjan Pennink dan M. Yusuf Abduh. Kedatangan tim dari Universitas Groningen ini disambut langsung oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T beserta para wakil rektor dan dosen IT Del. Acara diskusi panel ini bertempat di auditorium IT Del. Peserta dari diskusi panel ini antara lain perwakilan dari Pemkab Samosir, Dinas Pertanian Toba Samosir dan tapanuli Utara, BP4K Tapanuli Utara, Badan Penyuluhan Tapanuli Utara, Perwakilan SMA Unggul Del, SMA YASOP Balige dan tamu undangan lainnya.

Setelah dibuka oleh Rektor IT Del, acara dilanjutkan dengan sambutan dari tim Groningen yang dibawakan oleh Mr. Tim Zwaagstra. Sekilas Mr. Tim menyampaikan bahwa Universitas Groninge telah menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai universitas terkemuka dan telah menghasilkan beberapa lulusan doktor. Salah satu proyek riset yang mereka adakan adalah tentang potensi biji karet sebagai penghasil biodiesel. Mereka juga melakukan riset pengembangan tanaman perairan di danau atau perairan tawr lainnya di beberapa tempat di Indonesia seperti di Palangkaraya.

DSC_0193

Setelah sambutan dari Mr. Tim, diskusi panel ini dimulai dengan presentasi pertama yang dibawakan oleh M. Yusuf Abduh yang merupakan kandidat doktor dari Groningen yang akan menyelesaikan program doktornya pada bulan Februari 2015. M. Yusuf adalah dosen SITH-ITB. Yusuf Abduh memaparkan tentang potensi biji karet sebagai penyumbang biodiesel. Selama ini, tanaman karet yang banyak dimanfaatkan hanyalah untuk menghasilkan lateks. Sementara itu, berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan biji karet memiliki kandungan minyak dan protein yang tinggi. Minyak dari biji karet dapat menghasilkan biodiesel. Sementara itu, ampas dari biji karet yang telah diperas untuk menghasilkan minyak ternyata mengandung protein yang tinggi yakni asam amino yang dapat digunakan sebagai suplemen makanan bagi manusia. Asam amino ini sendiri tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita. Selain sebagai suplemen makanan, asam amino dari ampas biji karet dapat dijadikan bahan obat-obatan dan kosmetik.

Setelah penjelasan dari Yusuf Abduh, acara dilanjutkan dengan presentasi kedua yakni oleh Dr. Bartjan Pennink. Bartjan menjelaskan tentang implementasi dari hasil penelitian tentang potensi biji karet sebagai penghasil biodiesel di kalangan masyarakat. Menurut Bartjan, dalam mengimplementasikan hasil penelitian ini diperlukan tiga tahapan yakni:
1. Bagaimana meyakinkan masyarakat tentang hasil penelitian ini dimana biji karet dapat digunakan sebagai penghasil biodiesel.
2. Bagaimana membuat masyarakat mau mencoba alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan minyak dan protein dari biji karet.
3. Bagaimana membuat masyarakat mau me-maintanance peralatan-peralatan yang digunakan agar proses produksi untuk menghasilkan biodiesel dari biji karet dapat terus berjalan.

Setelah presentasi dari tim Groningen, dilakukan diskusi secara berkelompok dimana peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang terdiri dari dosen peneliti, pemda, mahasiswa, guru dan pelajar SMA. Masing-masing kelompok diminta untuk mendiskusikan apa yang bisa dilakukan terkait materi yang telah disampaikan pada presentasi pertama dan kedua khususnya yang bisa diterapkan di seputar Toba Samosir. Setelah berdiskusi, masing-masing perwakilan kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusi mereka.

Di akhir acara, sebagai ungkapan terimakasih, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, M.T menyerahkan cendera mata berupa ulos kepada keempat perwakilan Universitas Groningen dan acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Terimakasih untuk tim Universitas Groningen.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums
(Berita & Foto oleh RVP)