Lembaga Kemahasiswaan IT Del menyelenggarakan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019 berlokasi di Gedung Auditorium Del, Rabu (4/12/19). Dimulai pukul 09.30 wib.

web

Sosialisasi ini turut mengundang  Dr. Misbah Fikrie (Kasubdit Penalaran dan Kreativitas, Direktorat Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia/Kemdikbud) sebagai narasumber. Acara ini bertujuan memotivasi mahasiswa dalam membuat suatu inovasi kreatif, menjelaskan aturan dalam PKM serta mengadakan sesi tanya jawab agar calon peserta lolos dan didanai oleh Kemdikbud.

PKM merupakan salah satu program yang diselenggarakan Kemendikbud untuk memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas. PKM rutin digelar setiap tahun sejak 2001. PKM terdiri dari 7 bidang yaitu PKM-P di bidang penelitian, PKM-K di bidang kewirausahaan, PKM-M di bidang pengabdian kepada masyarakat, PKM-T di bidang penerapan teknologi, PKM-KC di bidang karsa cipta, PKM-GT di bidang gagasan tertulis serta PKM-AI di bidang penulisan artikel ilmiah. PKM yang didanai nantinya akan bermuara pada PIMNAS kecuali PKM-AI dan PKM-GT. PIMNAS merupakan ajang unjuk prestasi paling bergengsi di tingkat mahasiswa. Di dalam PKM ada aturan yang harus dipenuhi, jika satu saja dilanggar maka dipastikan akan gugur dalam seleksi.

Dr. Misbah Fikrie jelaskan cara agar lolos PKM, pertama amati permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Hubungkan dengan sesuatu yang sedang booming, lakukan riset dan munculkan inovasi yang belum pernah ada. Ide PKM harus murni kreatifitas sendiri. Persyaratan administratif yang harus dipenuhi pertama, peserta PKM adalah mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar pada suatu universitas. Peserta dapat berasal dari berbagai program studi, tetapi masih dalam satu universitas. Kemudian keanggotaan kelompok terdiri dari 3 hingga 5 orang. Selanjutnya nama pengusul proposal harus lengkap, tidak boleh  disingkat.

Dengan adanya Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diharapkan meningkatnya jumlah penelitian dan inovasi baru dari mahasiswa/i dari IT Del