Institut Teknologi Del melaksanakan workshop yang dihadiri oleh 72 peserta baik dari teaching assistant maupun dosen IT Del. Acara yang berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Januari 2019 ini dikoordinatori oleh Dr. Arlinta Christy Barus S.T., M.InfoTech selaku Wakil Rektor Bidang Akademik IT Del. Lokakarya Penyusunan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sebagai narasumber adalah Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. acara tersebut dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Rektor IT Del Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D.

web

Pada kesempatan itu dijelaskan bahwa KKNI sudah dimulai perintisannya sejak tahun 2003 namun baru disahkan oleh Presiden RI pada awal tahun 2012 melalui upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan menerbitkan Perpres No. 08 Tahun 2012tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Terbitnya Perpres No. 08 Tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012 Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia.

Besarnya animo para peserta dalam mengikuti acara ini terlihat dari tingginya antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan. Penyusunan Kurikulum merupakan materi pokok yang dibagikan oleh nara sumber kepada para peserta. Sebagai penutup Penyusunan Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. memberikan pesan motivasi kepada para peserta untuk tetap semangat dalam bekerja dan mendidik mahasiswa IT Del.

0040 0031 0024 0022 0003 0051