Laguboti, www.del.ac.id – INSTITUT TEKNOLOGI DEL menyelenggarakan Inagurasi mahasiswa baru dan Wisuda ke -17 yang diadakan pada 7-8 September 2018. Sebanyak 440 mahasiswa baru di inagurasi dan sebanyak 266 mahasiswa Sarjana dan Diploma di wisuda. Dalam kesempatan kali ini, Institut Teknologi Del mendapatkan kunjungan kehormatan dari Duta Besar Cina Mr. Xiao Qian, Duta Besar Amerika Serikat Mr. Joseph R. Donovan Jr, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna Desa Sitoluama Laguboti. Sesuai dengan thema wisuda kali ini, Towards Noble Institutional Transformation dengan sub thema Learning Innovation in The Industrial Age 4.0 : Empowering Human Through Integration of Education and Technology.

Jumat 7 September 2018, Duta Besar China Mr Xiao Qian hadir dan memberikan kata sambutan. Duta Besar China berpesan untuk mahasiswa-mahasiswi Del menjadi generasi masa depan yang MarTuhan(beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa), Marroha (bijak dan terampil di bidangnya), Marbisuk (berwawasan luas),” tutur Mr Xiao Qian dalam kata sambutannya. Sebagai bentuk dukungan dalam kesempatan itu Mr Xioa Qian memberikan bantuan sebagai dukungan kepada IT Del yaitu pertama mendorong pertukaran mahasiswa, akan menawarkan beasiswa kepada mahasiswa terbaik IT Del untuk melanjutkan studi di Tiongkok. Dan Mr Xiao Qian menyalurkan buku dan tablet untuk mendukung pengajaran sehari-hari di IT Del.

edit

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Sumber Daya) selaku pendiri dan Pembina IT Del berbicara kepada mahasiswa baru agar disiplin. Disiplin merupakan modal dasar untuk masa depan kalian,”katanya. Beliau juga memberikan motivasi agar para mahasiswa tidak berkecil hati dengan perekonomian orangtua masing-masing. Jangan malu siapa kita. Ayah saya supir sibual buali, ibu saya tidak tamat SD. Akan tetapi harus menjadi motivasi untuk kalian agar lebih maju dan sukses. Jadi kalian tidak perlu malu dengan keadaan orangtuamu.

Dalam sambutannya, Prof .Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. (Rektor Institut Teknologi Del) berpesan bahwa saat ini mahasiswa dituntut bukan hanya dapat hidup secara mandiri tetapi mampu mengatur waktu, ruang, uang dan fisik dengan lebih efektif. Waktu studi yang terbatas hanya 3 atau 4 tahun hendaknya dimanfaatkan untuk membentuk karakter yang tangguh, berintegritas serta kompeten. Sedangkan untuk para lulusan, kemampuan belajar sepanjang hayat menjadi kunci dalam menyiapkan generasi penerus di era Revoluasi 4.0 dengan meningkatkan kemampuan pembelajar lanjut dengan perubahan teknologi yang sangat cepat. Beliau juga berpesan agar para lulusan terus menjaga nama baik keluarga besar Institut Teknologi Del dengan senantiasa mengamalkan nilai-nilai MarTuhan Marroha dan Marbisuk dimanapun berada.

DSC_0457 DSC_0435 DSC_0402 DSC_0324 DSC_0303 DSC_0280 DSC_0253 DSC_0241 DSC_0113 DSC_0111 DSC_0107 DSC_0106 DSC_0678 DSC_0596 DSC_0540