Kamis, 19 Juli 2018. Untuk meningkatkan kompetensi lulusan Manajemen Rekayasa-IT Del, diselenggarakan Pelatihan Sistem Produksi Ramping (Lean Production System) oleh Astra-Lean Production System Laboratory, Program Studi Manajemen Rekayasa-Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Del. Kegiatan ini diselenggarakan di Laguboti pada tanggal 19 – 20 Juli 2018.

Untitled-1

Sistem Produksi Ramping adalah sistem produksi yang menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan permintaan, pada waktu dan jumlah yang sesuai kebutuhan dengan tahapan proses yang efisien. Penerapan sistem produksi ramping dikembangkan dari produksi otomotif di Jepang yang sudah dipakai di seluruh dunia. Pemahaman sistem produksi ramping sangat dibutuhkan di dunia industri saat ini. Kebutuhan konsumen yang cepat berubah harus bisa diimbangi dengan sistem produksi yang efisien dan efektif, serta fleksibel. Sistem produksi ramping ini menekankan pada bagaimana mengurangi pemborosan (waste) dalam setiap proses dan melakukan perbaikan terus menerus (continuous improvement) untuk meningkatkan efektivitas. Kegiatan pelatihan sistem produksi ramping ini diikuti oleh 29 peserta mahasiswa calon lulusan sarjana Manajemen Rekayasa Angkatan 2014 .

DSC_0213

Pelatihan ini akan menjadi sertifikat keahlian pendamping ijazah (SKPI) bagi lulusan Manajemen Rekayasa IT Del. Dengan SKPI tersebut, lulusan Manajemen Rekayasa IT Del memiliki nilai tambah sebelum masuk dalam dunia industri. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Kegiatan pelatihan disajikan dalam bentuk pemaparan teori dan praktik sistem tersebut dalam bentuk simulasi. Dengan demikian, pemahaman peserta terhadap sistem produksi ramping tersebut menjadi komprehensif. Oleh karena itu, para peserta semakin siap berkiprah di dunia industri ke depan.

DSC_0094 DSC_0132 DSC_0149 DSC_0283 DSC_0093 DSC_0134 DSC_0150 DSC_0161 DSC_0186 DSC_0187 DSC_0188 DSC_0215