Atas Perlindungan, Kebaikan dan Kemurahan Sang Maha Kuasa, telah dilaksanakan dengan sukses Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi INFODES Batch I Bagi Perangkat Desa se-Kabupaten Tobasa Samosir 19-21 Oktober 2017 di Kampus Institut Teknologi Del.

Jumlah peserta sebanyak 112 orang dari 46 desa sekabupaten Toba Samosir. Acara dibuka oleh Bapak Bambang SP. Abednego selaku Wakil Rektor III IT Del.

INFODES merupakan aplikasi berbasis desktop dan mobile yang ditujukan untuk manajemen informasi di sebuah desa. Manajemen informasi desa pada aplikasi INFODES meliputi data warga, data aparat desa, pembuatan surat dan laporan rutin, serta dashboard desa. Dengan penggunaan aplikasi INFODES secara rutin, aparatur desa dapat mengelola data dan informasi terkait desa dengan akurat dan cepat, sehingga diharapkan dapat membantu pejabat pemerintahan dalam mengambil keputusan dan membuat kebijakan lebih maksimal (secara cepat dan realtime).

Pengembangan aplikasi tersebut muncul karena permasalahan-permasalahan yang ditemui oleh aparatur desa terkait manajemen informasi di desa masing-masing.

Beberapa permasalahan lainnya yang ditemui yaitu ketika berkunjung ke beberapa kantor SKPD, dimana dashboard informasi yang terletak di masing-masing kantor masih menggunakan data tahun 2015. Seperti kita ketahui, bahwa pentingnya data bagi pemerintahan dalam mengambil keputusan sesegera mungkin. Dengan Aplikasi INFODES, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Dalam pelatihan INFODES ini, diharapkan nantinya setiap data-data disetiap desa di Kabupaten Toba Samosir dapat diakses secara realtime melalui smarthphone, misalnya berapa jumlah penduduk yang bekerja sebagai PNS, berapa jumlah penduduk wanita dan lainnya, sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk mencari tahu tentang profil setiap desa.

Semoga pelatihan seperti ini dapat benar-benar dimanfaatkan setiap aparatur desa untuk kemajuan masing-masing desa.

 

 

DSC_0474