Kelompok Studi Linux – Universitas Atma Jaya Yogyakarta mempersembahkan Workshop Digital Forensics & Mobile Hacking with Dracos Linux.

Mari mengenal dasar-dasar dalam forensika digital dan peretasan dalam perangkat mobile. Materi akan dibawakan oleh pengembang distro Dracos Linux yang berpengalaman dalam forensika digital.

Pemateri:
– Alexander Lumbantobing – Dracos Researcher, Writer, & Documentation (Alumni IT Del)
– Satria Pradana – Dracos Developer & Researcher

Alexander merupakan mantan pembina Del Cyber Army, mantan ketua pertama Indonesian Backtrack Team Sub Regional Tobasa, dan alumni Institut Teknologi Del (juga mantan Asisten Dosen).
Alexander bersama dengan Bapak Albert Sagala (Dosen IT Del) dan Bapak Zico Ekel (Pendiri Indonesian Backtrack Team dan juga Pendiri Dracos), telah berhasil menulis sebuah buku yang sangat laris manis.
Buku tersebut berjudul “Capture the Flag & Hacking Kioptrix Server”. Buku ini belajar tentang cara menyadap dan mencuri data rahasia di server komputer. Membahas mulai dari pengenalan target, mencari celah target, membobol target, dan menghilangkan jejak pencurian kita. Semua dilakukan dengan cara yg sangt sederhana, menarik, dan mendidik
Buku ini telah masuk ke toko-toko buku di seluruh Indonesia, dan dapat dipesan melalui https://bukalapak.com/alex101 atau https://tokopedia.com/alex101 atau kepada penulis buku langsung (https://www.facebook.com/alexandertobing101)

Tujuan acara ini adalah mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat umum bahwa pentingnya kewaspadaan kita dalam mempergunakan kecanggihan teknologi terkhusus Smartphone Android.
Pada kesempatan ini terdapat 3 point yang dipelajari.
Point pertama yaitu kesadaran bahwa terdapat Undang – Undang ITE dan KUHP yang mengatur segala kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi.
Point kedua yaitu belajar teori dan demonstrasi bagaimana cara melakukan penyadapan data dan akses penuh terhadap Smartphone Android orang lain. Yang dimaksud akses penuh adalah akses terhadap SMS, Contact, Log Telp, File (Dokumen, Music, Video, Gambar, dll), Camera (depan, belakang), GPS, dan lain – lain. Dengan kata lain, point kedua ini akan menunjukkan betapa mudahnya orang jahat (yang memiliki kelebihan dalam hal ilmu komputer) untuk mengambil alih seluruh fungsi yang ada pada Smartphone Android kita. Orang jahat tersebut dapat dengan mudah membaca SMS pada HP kita yang mungkin mengandung informasi finansial (Rekening Bank, Saldo, PIN ATM, dll).
Point ketiga yaitu mengajarkan bagaimana caranya agar Smartphone Android kita tidak dapat dikendalikan oleh orang jahat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengamankan Smartphone Android adalah dengan cara melakukan update system android, menginstall antivirus, tidak sembarang menginstall aplikasi, dan menggunakan virustotal.com untuk memeriksa apakah aplikasi yang akan kita install itu mengandung virus atau tidak.

Lokasi:
Gedung Bonaventura – Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Jl. Babarsari No. 44, Depok, Caturtunggal, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket:
Rp 100.000

Contact Person:
Dewa Ary (0857 9248 4813)
https://www.facebook.com/ary.dewa.946

Kuota:
SANGAT TERBATAS, HANYA 40 orang saja

Waktu Pelaksanaan:
Tanggal : Apr 29, 2017 s/d Apr 29, 2017, Waktu: 08:00
Pendaftaran:
Untuk mengikuti event ini silahkan klik tautan berikut:
https://ksl-uajy.org/workshop

 

 

 

poster