DSCF6040 DSCF6035 DSCF6031 DSCF6017 DSCF6024 DSCF5985 DSCF5972 DSCF5936 DSCF5911 DSCF5903 DSCF5902Setelah kuliah umum dengan judul “”History and Lesson Learned from Suitmedia and Bukalapak: from a Promising Start-up to a Prominent Company in Indonesia”, pada hari Rabu, 2 November 2016 mahasiswa Institut Teknologi Del (IT Del) mengikuti workshop dengan narasumber Anggriawan Sugianto (CTO/COO Suitmedia) dan Hasanul Hakim (Head of Mobile Division Bukalapak). Workshop ini dibagi menjadi dua bagian. Workshop dengan topik “Customer Development & Business Presentation” oleh Anggriawan Sugianto, diikuti mahasiswa S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informatika. Workshop “Design Sprint Methods” oleh Hasanul Hakim, diikuti oleh mahasiswa D3 dan D4 Teknik Informatika.

Pada wokshop “Customer Development”, mahasiswa mendapatkan penjelasan yang spesifik tentang customer delivery, value proposition canvas, customer validation, competitive positioning dan customer relationship. Sedangkan pada topik “Business Presentation” dijelaskan tentang 4 elements defining presentation, speaker types, types of presentations, types of listeners, environment: room setups, structure of speech dan pitch deck. Selama workshop ini, mahasiswa secara bergiliran melakukan presentasi terkait proyek bisnis yang sedang dikerjakan dan melakukan diskusi terkait pengembangan bisnis.

Workshop “Design Sprint Methods” membahas dan mempraktekkan “the 6 sprint stages: understand, define, diverge, decide, prototype, validate”, dimana mahasiswa bekerja secara kelompok dan menciptakan satu ide untuk direalisasikan sampai menghasilkan prototipe. Pada setiap tahap kerja, mahasiswa dipandu oleh narasumber untuk menyelesaikan tahapan pada durasi waktu yang telah ditentukan. Setiap kelompok menampilkan prototipe pada akhir workshop untuk divalidasi oleh narasumber.

Akhir sesi workshop ditutup dengan foto bersama peserta dengan narasumber. Semoga ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan. Sampai bertemu pada workshop berikutnya.