DSC_0002 copy

Jumat, 12 Agustus 2016 Institut Teknologi Del (IT Del) meneruma kunjungan tim PT. Perkebunan Nusantara III (PTPN III). Tujuan kedatangan PTPN III yang disambut langsung oleh Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih adalah untuk membahasa rencana kerjasama yang dapat dijalin antara PTPN III dengan IT Del. Seperti yang kita ketahui, PTPN III banyak bergerak di bidang riset bioteknologi yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Lembaga riset PTPN III disebut Riset Perkebunan Nusantara (www.rpn.co.id). Lembaga riset ini terdiri dari beberapa pusat penelitian.
1. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia
2. Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia
3. Pusat Penelitian Teh dan Kina
4. Pusat Penelitian Karet
5. Pusat Penelitian Kelapa Sawit
6. Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia.

Direktur Operasi PTPN III Alexander Maha dalam kesempatan ini memaparkan beberapa riset yang sedang dilakukan oleh RPN, termasuk kerjasama dengan beberapa perusahaan luar negeri untuk power plant Biomass and Biogas. Contoha hasil riset dalam bidang bioteknologi dan bioindustri anatara lain plastik yang bisa terurai karena bahannya yang terbuat dari hasil olahan kelapa sawit.

Kerjasama dengan pihak IT DEL dapat berupa Kerja Praktek, kunjungan industri bagi mahasiswa IT Del terutama untuk mahasiswa Teknik Bioproses dan Manajemen Rekayasa. Kerjasama dalam penggunaan alat untuk riset yang dimiliki oleh PTPN III juga dapat dilakukan di pusat-pusat penelitian RPN.