_DSC0359 copy

Pada Hari Sabtu, 28 Mei 2016, Menteri BUMN Rini Soemarno, CEO BNI Achmad Baiquni, CEO Pertamina Dwi Soetjipto, CEO BRI Asmawi Syam, CEO Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, CEO PTPN 3 Massa Manik bersama rombongan mengunjungi kampus Institut Teknologi Del (IT Del) di Sitoluama Laguboti. Kunjungan Menteri BUMN bersama rombongan ke IT Del merupakan rangkaian kegiatan Kementerian BUMN di Parapat pada hari yang sama.

Kunjungan Rini Soemarno dan rombongan disambut oleh Ketua Yayasan Del Cabang Sumatera Utara Ir. Partumpuan Naiborhu dan para Wakil Rektor IT Del. Rangkaian kegiatan kunjungan diawali dengan acara tour campus di kawasan kampus IT Del. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan Del Cabang Sumatera Utara dan presentasi singkat tentang IT Del kepada semua rombongan. Dalam presentasinya, Wakil Rektor 3 IT Del, Deni Lumbantoruan, menyampaikan latar belakang pendirian IT Del di rural area yang berada di tepian Danau Toba. Pada presentasi tersebut ditekankan bahwa pendirian IT Del dilatarbelakangi oleh idealisme dan cita-cita Pendiri Yayasan untuk mengurangi kondisi asymmetric pendidikan tinggi antara wilayah Pulau Jawa dan wilayah luar Pulau Jawa. Dalam presentasi juga disampaikan gambaran profile mahasiswa dan dosen IT Del saat ini serta profile alumni IT Del yang sudah bekerja di berbagai tempat di Indonesia dan di luar negeri.

Di penghujung acara kunjungan, Menteri BUMN Rini Soemarno memberikan sambutan singkat. Menteri Rini menyampaikan bahwa kegiatan Kementerian BUMN di Parapat merupakan kegiatan rutin tahunan untuk konsolidasi perusahaan-perusahaan BUMN. Di samping kegiatan konsolidasi, acara BUMN yang diselenggarakan di Parapat juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan pemberdayaan potensi pariwisata Danau Toba. Menteri Rini juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas berdirinya IT Del yang sudah berkarya hampir 15 tahun. Dia menyampaikan harapan agar IT Del bisa semakin berkembang di masa-masa mendatang. Dalam sambutannya, Rini Soemarno juga mengharapkan agar BUMN-BUMN yang hadir pada kesempatan itu dapat bekerja sama dengan IT Del dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan di daerah rural.