Walaupun berada jauh dari pusat keramaian bukan berarti Institut Teknologi Del (IT Del) tidak dilirik untuk menghasilkan produk-produk teknologi digital. Terbukti, pada hari Kamis 14 April 2016 I Gusti Putu Suryawirawan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI bersama Zakiyudin Direktur Industri Elektronika dan Telematika mengunjungi kampus IT Del.

Tujuan kunjungan I Gusti Putu Suryawirawan dan Zakiyudin ke kampus ini adalah untuk menjajaki pendirian Technopark dalam bidang telematika di daerah Toba tepatnya di IT Del. Dalam kunjungannya, I Gusti Putu Suryawirawan menyatakan bahwa beliau sangat mendukung keberadaan Toba Digital Valley yang ada di IT Del yang berfungsi sebagai sarana orang-orang muda untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang teknologi digital. I Gusti Putu Suryawirawan menyampaikan harapan dengan adanya Technopark nantinya maka produk-produk teknologi digital akan semakin banyak lagi dihasilkan dari daerah Toba.

Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungan institusi perguruan tinggi dengan dunia industri. Definisi dari Technopark adalah sebuah kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat.