Prof. Valentina

Rabu, 17 Februari 2016 Institut Teknologi Del (IT Del) kembali mengadakan workshop yang ditujukan bagi guru-guru. Workshop ini ditujukan kepada guru SMP/SMA sederajat se-Kabupaten Toba Samosir. Bertempat di auditorium IT Del, workshop ini diikuti sekitar 80 orang guru dari berbagai sekolah dengan keahlian bidang masing-masing.

Berbeda dengan workshop guru sebelumnya, kali ini pembicara dalam workshop ini adalah Prof. Valentina Dagienė dari Vilnius University, Lithuania. Walaupun pemateri berasal dari luar negeri dan materi disampaikan dalam bahasa inggris, para guru tampak tetap antusias. Materi yang disampaikan Prof. Valentina dibantu penerjemah Kisno Shinoda yang merupakan dosen IT Del.

Dalam workshop ini, Prof. Valentina memaparkan materi terkait Computational Thinking, Constructionism and Creativity. Prof. Valentina menjelaskan bagaimana berpikir sistematis, bagaimana menyelesaikan permasalahan baru dengan pengetahuan lama yang sudah dimiliki sehingga muncul pengetahuan baru. Kepada para guru, Prof. Valentina menyampaikan bagaimana membuat siswa menjadi lebih aktif dan membuat siswa berpikir untuk mencari pengetahuan baru dari apa yang mereka peroleh di sekolah serta membuat siswa menjadi lebih kreatif. Dalam workshop ini juga dilakukan mini tes untuk mengasah kemampuan peserta.

Di akhir acara workshop peserta diberikan sertifikat. Workshop yang juga dihadiri ahli informatika ITB Inggriani Liem, Wakil Rektor I IT Del Arnaldo Sinaga ini ditutup dengan ungkapan terimakasih dari Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih. Ungkapan terimakasih disampaikan kepada Prof. Valentina melalui pemberian kenang-kenangan berupa ulos. Di akhir acara workshop, seluruh peserta berfoto bersama.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.815181508588421.1073742139.403538753086034&type=3&uploaded=22