j tenun 2

 

Tim pelaksana riset JTenun melakukan pertemuan dengan Rektor Institut Teknologi Del (IT Del) Prof. Roberd Saragih beserta jajaran terkait pada hari Rabu, 20 Januari 2016 di kampus IT Del. Turut hadir dalam pertemuan ini mitra penelitian yakni PT. Piksel Indonesia. Dalam kesempatan ini, ketua tim peneliti yakni Dr. Arlinta C. Barus memaparkan sekilas tentang penelitian JTenun yang merupakan program hibah RISPRO LPDP berjudul “Piranti Cerdas Penghasil Motif Tenun Nusantara”.

Arlinta memaparkan bahwa tujuan penelitian JTenun ini adalah mengembangkan aplikasi piranti cerdas dalam menciptakan motif tenun nusantara yang baru dan bervariatif dimana motif ini akan memiliki fitur klasifikasi motif tenun nusantara (motif ulos, tenun jawa tengah, Kalimantan, dsb) dan memiliki fitur tranlasi hasil desain untuk menjadi kertas kerja yang akan membantu penenun.

Penelitian yang melibatkan peneliti dari IT Del, ITB dan mitra PT. Piksel Indonesia ini disambut dengan apresiasi yang baik oleh Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih. Menurut Prof. Roberd penelitian ini merupakan penelitian yang melibatkan beberapa disiplin ilmu yang mampu mengangkat warisan budaya nasional seperti ulos batak dan tenun dari daerah lainnya sehingga makin dikenal dunia.

Semoga sukses untuk Peneliti dan Mitra JTenun.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del

(Berita & Foto : Rusneni V.)