Pada Hari Jumat, 15 Januari 2016, dilaksanakan pertemuan antara Dosen di Program Studi S1 Teknik Elektro dan Program Studi D3 Teknik Komputer Institut Teknologi Del (IT Del) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir dalam rangka perencanaan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh:
1. IT Del ingin mendekatkan diri dengan Sekolah dan Berkeinginan Menjadikan Dinas Pendidikan Sebagai Partner Untuk Diseminasi Keilmuan.
2. IT Del sejak pertama kali berdiri pada tahun 2001 telah dikenal masyarakat. Namun, belum mengenal Full Program Studi/Jurusan yang tersedia.
3. Keberadaan beberapa Program Studi, misalnya Teknik Elektro dan Teknik Komputer belum dikenal secara luas oleh Sekolah-Sekolah.

Pada pertemuan tersebut telah disepakati bahwa Dinas Pendidikan Toba Samosir akan bersama-sama dengan Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Komputer menjalankan serangkaian kegiatan workshop/seminar yang bertujuan untuk meningkatan pengetahun siswa dan guru. Kegiatan ini sekaligus juga sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan diri program studi Teknik Elektro dan Teknik Komputer.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat akan dilaksanakan pada periode bulan Februari – April 2016.