Setiap tahunnya dicanangkan kunjungan ke luar negeri bagi dosen PI Del untuk melihat langsung perkembangan teknologi di negara yang dituju, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Tahun 2012, kegiatan yang diadakan adalah perjalanan studi banding dosen PI Del ke universitas dan industri di Taiwan untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan dan industri di Taiwan, dengan demikian informasi dan pengetahuan yang didapat selama kunjungan tersebut dapat diterapkan untuk perbaikan dan peningkatan pendidikan di PI Del. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada dosen PI Del untuk melihat secara langsung pendidikan dan penerapan teknologi di beberapa universitas dan industri di Taiwan sehingga dosen mendapatkan gambaran realitas industri. Dengan demikian informasi dan pengetahuan yang didapat selama kunjungan tersebut dapat dijadikan sebagai masukan untuk pengembangan kurikulum dan materi perkuliahan yang sesuai dengan aplikasi industri secara rill sehingga keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara dunia pendidikan dan industi dapat lebih ditingkatkan. Nama kegiatan ini dapat disebut sebagai Trip To Taiwan.

 

Peserta kegiatan ini adalah dosen PI Del yang sedang aktif sebanyak 14 orang, yaitu :

1. Arlinta Christy Barus

2. Arnaldo Marulitua Sinaga

3. Deni P. Lumbantoruan

4. Elisa Margareth Sibarani

5. Humasak Tommy Argo Simanjuntak

6. Johannes Harungguan Sianipar

7. Kristina Gloria Simanjuntak

8. Mariani Simatupang

9. Riyanthi Angrainy Sianturi

10. Roy Deddy Hasiholan Lumban Tobing

11. Tennov Simanjuntak

12. Verawaty Situmorang

13. Wiwin Sry Adinda Banjarnahor

14. Yaya Setiyadi

 

Lokasi yang menjadi tujuan perjalanan adalah:

A. Universitas

1. National Taiwan University (NTU)

Merupakan universitas negeri nomor satu di Taiwan.

2. National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

Merupakan universitas teknik pertama dan unggul di Taiwan dalam bidang teknik dan pendidikan vokasi. Dalam publikasi, NTUST masuk peringkat top ten di Taiwan dan Chinese Institute of Engineers mengakui keunggulan NTUST dalam kerjasama dengan industri. Dosen PI Del berkesempatan untuk berkunjung ke Department of Computer Science and Information Engineering, Laboratorium, Perpustakaan, Student Center, Business Incubation Center (BIC).

3. Chung Yuan Christian University (CYCU)

Merupakan universitas swasta nomor satu di Taiwan.

 

B. Industri

1. Nankang Software Park (NSP) sebagai pusat inkubator bisnis Taiwan

Nankang Software Park adalah bagian dari Nankang business park yang merupakan sekelompok industri yang terdiri dari lima bagian besar meliputi industri software, perdagangan internasional, bisnis, keuangan dan budaya. Nankang business park menjadi pusat dari software design, international R&D, semiconductor institute, digital content institute. Nankang Software Park dikembangkan sejak tahun 2008 dan terdiri dari berbagai jenis industri software, internet, computer, electronic, and biotech.

Kunjungan dosen PI Del ke Nankang Software Park bertujuan untuk melihat secara langsung perkembangan pada industri software dan industri lain yang didukung oleh perkembangan IT. Perusahaan yang dikunjungi adalah: Multisuns (multisuns.com), sebuah perusahaan penyedia call and voice recording solution yang berdiri sejak tahun 1985 dan tim PI Del mendapatkan informasi tentang Nankang Software Park melalui perkenalan dan video presentasi Nankang Software Park, presentasi dari dua perusahaan di NSP: ARPlanet Digital Tech dan Kinetobox.

2. Hsinchu Science and Industrial Park sebagai pusat R&D Taiwan

Hsinchu Science and Industrial Park dibangun sekitar tahun 1980 oleh pemerintah Taiwan, dimana pembangunanya terinspirasi oleh Silicon Valley di United State. Lebih dari 400 perusahaan high-tech khususnya dalam bidang semiconductor, computer, telecommunication, and optoelectronics berada di Hsinchu Science and Industrial Park. Lokasi Hsinchu Science and Industrial Park berdekatan dengan Industrial Technology Research Institute. Kunjungan ke Hsinchu Science and Industrial Park dan Industrial Technology Research Institute bertujuan untuk menambah informasi bagaimana penelitian dan pengembangan dalam teknologi diterapkan untuk memajukan pertumbuhan sektor swasta.

 

Perusahaan yang dikunjungi :

� Industrial Technology Research Institute di Hsinchu.

� Perusahaan Acer Inc, D-Link, Lite-ON di Hsinchu Science and Industrial Park.