DSC_0016

Pada hari Sabtu, 14 Februari 2015 Institut Teknologi Del (IT Del) melalui Del Cyber Army (DCA) menyelenggarakan workshop dengan tema “Web Hacking”. Acara ini dmulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB dan dihadiri oleh 32 mahasiswa/i IT Del.
Materi yang dibahas pada kegiatan tersebut adalah teori dan praktikum sederhana mengenai SQL Inject Attack, Cross Site Attack, dan Netcat. Kegiatan dibuka oleh ketua panitia penyelenggara Alexander Lumbantobing yang merupakan alumni IT Del angkatan 11 yang saat ini bekerja sebagai staff CSRC IT Del.

Pada awal kegiatan, dibahas secara singkat mengenai DCA Club, Hacking, Backtrack, dan perkembangan serangan Web Hacking. Materi awal yang dibahas adalah mengenai SQL Inject Attack. Pada materi ini seluruh peserta akan dibantu untuk dapat mengerti 5W+1H SQL Inject Attack melalui teori dan praktikum sederhana. Pada sesi praktikum, peserta akan menggunakan SQL Inject Me dan SQL Map. SQL Inject Me digunakan untuk menguji SQL Inject Attack pada form inputan password sebuah web server target, sedangkan SQL Map digunakan untuk menguji URL target. Dengan menggunakan dua tools sederhana tersebut, peserta diharapkan dapat memahami SQL Inject Attack secara umum dan tertarik untuk mempelajari SQL Inject Attack lebih dalam lagi.

DSC_0261

Meteri berikutnya adalah Cross Site Attack. Materi ini disampaikan dengan 5W+1H yang sederhana. Teknik yang dilakukan adalah dengan menggunakan manual injeksi, yaitu dengan memasukkan script HTML secara manual, sehingga dapat memacu semangat para peserta untuk mempelajari script HTML dengan lebih baik lagi.

Materi Netcat disampaikan agar peserta termotivasi untuk mempelajari perintah-perintah dasar pada Linux, dan juga memberikan pemahaman bahwa aspek keamanan dalam menggunakan teknologi adalah hal yang mutlak untuk diperhatikan.

Kepala CSRC IT Del Albert Sagala berharap agar DCA dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat umum, terutama dalam hal penyelenggaraan acara seperti seminar, workshop, maupun kompetisi.

Sukses DCA, sukses CSRC IT Del, sukses IT Del.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums