IDC-SEA-2014-2015_Yogya

Pada tanggal 10-13 Februari 2015 Wakil Rektor 1 Institut Teknologi Del (IT Del) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arlinta Christy Barus, S.T,M.InfoTech mengikuti International Dean Course (IDC) tahap ketiga di Yogyakarta. IDC ini merupakan kelanjutan dari IDC tahap pertama yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 Juni s/d 5 Juli 2014 di Jerman., tahap kedua tanggal 10-13 November 2014 di Malaysia.

Menurut Arlinta, secara umum ada 2 hal yang menarik yang diperoleh dari hasil pertemuan tersebut dan relevan bagi IT Del, yaitu:
1. Internationalization
2. Entrepreneurial University

Terkait internationalization, dari hasil pertemuan tersebut diharapkan HE (Higher Education) dari negara-negara ASEAN sudah mulai aktif melakukan kegiatan internationalization. Internationalization yang dimaksud dapat dimulai dengan kegiatan exchange student, internatonal trip, sampai pada pembukaan kelas internasional (menerima mahasiswa asing) dan double degree program seperti yang saat ini sudah dilakukan oleh beberapa universitas di Indonesia contohnya UGM. Sebagai host IDC tahap ketiga ini, tim UGM sendiri banyak memberikan testimoni pada acara tersebut. Menanggapi hal ini. DAAD dan Euro Share menyatakan sangat mendukung kegiatan internationalization ini. Saat ini dalam kerjasama antar negara ASEAN, DAAD dan Euro Share menyediakan cukup banyak funding (sekitar EUR 9.3 Million) untuk tahun 2015-2018 dalam melakukan kegiatan berikut:
(1) Policy Dialogue on the harmonisation of the ASEAN HE landscape
(2) ASEAN HE Qualifications Reference Framework and Regional Quality Assurance
(3) Student Mobility:
a. ASEAN Credit Transfer System (ACTS)
b. ASEAN-EU Credit Transfer System (AECTS)
c. Scholarships to support the ACTS and AECT

Di IT Del sendiri, sejak 3 tahun lalu sudah mulai melakukan kegiatan internationalization sederhana yakni dengan melakukan kegiatan summer school dengan CULS University Prague dan rencana kunjungan mahasiswa Groningen University (RuG) dan juga beberapa universitas di Malaysia yang menyatakan tertarik untuk melakukan international trip ke IT Del tahun ini setelah melihat keindahan dan keunikan kampus IT Del.

Selain mengenai internationalization, diskusi mengenai Enterpreneurial University menurut Arlinta juga sangat relevan dengan IT Del, dimana dalam RIP IT Del juga diharapkan sudah sustainable dalam hal pendanaan setelah 20 tahun yang akan datang. Prof Duu Seng Ong, dari Multimedia University, sebuah universitas private yang relatif berusia muda di Malaysia, yang memberikan materi mengenai Enterprenurial University ini berbagi pengalaman mengenai Universitas Multimedia yang saat ini sudah aktif dan cukup berhasil melakukan kegiatan enterprenurial. Beliau juga bersedia diundang ke IT Del untuk berbagi pengalaman dan memberikan advise kepada IT Del dalam mencoba mendapatkan funding (seperti dari menjual keahlian dan bukan dari tuition fee mahasiswa) untuk mendukung pendanaan IT Del di masa yang akan datang.