DSC_0239

Pada Hari Kamis, 12 Februari 2015 Institut Teknologi Del (IT Del) menerima kunjungan Senior Advisor Finland University Juha Christensen Duta Indonesia untuk Finlandia Elias Ginting. Kunjungan Juha dan Elias disambut langsung oleh Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih beserta jajarannya.

Adapun tujuan kunjungan Juha dan Elias ke kampus IT Del adalah untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang dapat dijalin antara kedua belah pihak khususnya dalam bidang pendidikan. Sebelum diskusi dilakukan, tim IT Del memperkenalkan sekilas tentang kampus IT Del dan Cyber Security Research Group.

Advisor Finland University Juha Christensen menyampaikan bahwa saat ini sedang disiapkan MoU Government to Government antara pemerintah Indonesia dan Finlandia. Kerjasama ini dikhususkan pada pendidikan tinggi, pendidikan dasar menengah dan kehutanan. Dengan adanya MoU ini maka akan sangat terbuka kerja sama antara lembaga pendidikan Indonesia dan Finlandia Selaku Senior Advisor Finland University, Juha Christensen berjanji akan menghubungkan IT Del dengan Finland University. Bentuk kerjasama yang mungkin dilakukan antara IT Del dan Finland University antara lain pertukaran mahasiswa, kunjungan Professor Emeritus dari Finland University ke IT Del, kerja sama penelitian dalam bidang cyber security dan pengembangan bio energy.

DSC_0288

Menurut Juha, kunjungan Professor Emeritus ini sangat dimungkinkan dengan memperhatikan kondisi IT Del yang sepi, ketersediaan fasilitas infrastruktur IT yg cukup, lingkungan hijau dan relatif bersih dari pencemaran. Tahun ini, delegasi perguruan tinggi dari Finlandia akan datang mengunjungi Indonesia. Juha berjanji akan membawa delegasi Finlandia tersebut untuk berkunjung ke kampus IT Del.

Dengan memperhatikan posisi IT Del yang dekat dengan Danau Toba, Duta Indonesia untuk Finlandia Elias Ginting menyampaikan adanya peluang kerja sama IT Del dengan satu professor di Finlandia terkait dengan limnology (ilmu tentang perairan tawar). Kerja sama ini dimungkinkan dengan membuka pusat penelitian ataupun program studi terkait limnology. Menurut Pak Elias, professor tersebut bersedia memberikan dukungan penuh untuk realisasi study limnology di IT Del. Diinformasikan juga bahwa sampai saat ini belum ada satupun universitas di Indonesia yang mempunyai bidang limnology.

Sementara dari pihak IT Del mengusulkan kepada Elias Ginting mengenai kemungkinan program cultural activities mahasiswa IT Del ke Finlandia, yang didanai oleh kedutaan besar Indonesia di Finlandia atau oleh sponsor.

Setelah berdiskusi, IT Del melalui Rektor IT Del memberikan kenang-kenangan kepada Juha dan Elias. Sebelum meninggalkan kampus IT Del mereka menyempatkan diri melakukan tour kampus.

Pertemuan yang sangat bermanfaat. Semoga dapat terealisasi secepatnya.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums