DSC_0280

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada hari Kamis sampai dengan Jumat, 29-30 Januari 2015 Institut Teknologi Del (IT Del) menyelenggarakan kegiatan workshop pedagogi. Workshop pedagogi yang diikuti oleh dosen dan asisten dosen IT Del ini dilakukan secara internal. Bertempat di auditorium IT Del, acara ini dibuka oleh yang mewakili Rektor IT Del Dr. Arlinta C. Barus, S.T, M.InfoTech. Pada hari pertama, workshop pedagogi ini dihadiri oleh dosen baru IT Del beserta seluruh asisten dosen.

Dalam sambutannya, Dr. Arlinta menyampaikan harapan agar melalui workshop pedagogi ini kualitas pengajaran yang dilakukan oleh tim pengajar IT Del dapat semakin meningkat ke depannya. Pada sesi hari pertama ini, workshop pedagogi ini dilakukan secara internal. Di kalangan dosen IT Del sudah ada yang berpengalaman dalam kegiatan pedagogi. Topik yang dibahas pada hari pertama merupakan topik ringan dimana di kalangan tim pengajar ini dapat saling bertukar pikiran untuk mencapai tujuan bersama.

Acara dimulai dengan penjelasan mengenai visi dan misi IT Del oleh Wakil Rektor 2 IT Del Dr. Arnaldo M. Sinaga, S.T, M.InfoTech selaku wakil rektor bagian SDM. Dr. Arnaldo menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh tim pengajar ini khususnya tim pengajar yang baru untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh IT Del. Setelah penjelasan visi dan misi IT Del, acara dilanjutkan dengan topik yang berbeda dengan pemateri yang berbeda pula.

DSC_0269

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keesokan harinya, acara ini kembali dilanjutkan. Pada sesi ini, pesertanya adalah seluruh dosen IT Del. Kali ini yang menjadi pematerinya adalah Dr. Inggriani Liem, staf ahli ITB. Workshop dimulai dengan mempelajari kembali tentang Lifecycle Perkuliahan, mengingat kembali untuk mengimplementasikan PDCA (Plan Do Check Action) di setiap cycle yang ada baik saat pembuatan silabus perkuliahan, assessment, kuis, tugas, praktikum dan ujian. Implementasi PDCA juga diharapkan di setiap divisi yang ada seperti keuangan, inventory, HRD dan akademik. Dalam kesempatan ini, para dosen juga dibekali dengan beberapa contoh silabus, SAP yang sudah menjadi portfolio di ITB, juga dari pengalaman best practices dari Dr. Inggriani Liem. Di sessi berikutnya, para dosen diberikan bekal tentang perancangan rubrik sebagai instrumen penilaian. Berdasarkan penjelasan Dr. Inggriani Liem. Wakil Rektor 1 (WR1) akan mengeluarkan SK agar para dosen semakin disiplin dalam melaksanakan lifecycle perkuliahan.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums
(Berita & Foto oleh RVP)