DSC_0640

Pada hari Kamis, 27 November 2014, Institut Teknologi Del (IT Del) menerima kunjungan dari Roger Pindy dari PT Agspec Indonesia didampingi Michael F. Gray (Staff Ahli Yayasan Del). Kunjungan Roger Pindy dan Michael F. Gray adalah untuk berdiskusi mengenai potensi pertanian di Indonesia diantaranya adalah aplikasi teknologi pertanian, nutrisi tumbuhan (crop nutrition), ilmu tanah (soil science) dan potensi pengembangan seaweed di Sumatera. Dari pihak IT Del, diskusi ini dihadiri oleh Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih, Wakil Rektor 1 IT Del Arlinta C. Barus, Wakil Rektor 3 IT Del Deni Lumbantoruan, Dekan Prodi Manajemen Rekayasa Yosef Manik, Dekan Prodi Teknik Bioproses Merry Martgrita, Dosen IT Del Roga Kembaren, Ricardo Situmeang dan Ellyas Nainggolan, juga dihadiri oleh 4 orang guru SMA Unggul Del bidang Biologi dan Geografi.

Diskusi ini dimulai pukul 09:00 WIB bertempat di gedung 512 IT Del. Presentasi dimulai oleh Roger Pindy yang berkebangsaan Inggris dan sudah menekuni dunia pertanian dan kesehatan masyarakat selama kurang lebih 20 tahun. Roger Pindy juga sudah tinggal di Indonesia selama 20 tahun. Dalam upaya ketahanan pangan dan peningkatan produktifitas pertanian, Roger sudah memperkenalkan beberapa teknologi pertanian secara organik di beberapa tempat di Jawa Barat. Mereka juga bekerjasama untuk mengembangkan skema bisnis pertanian yang menguntungkan dengan menghilangkan pengumpul (middle man) dari sistem rantai suplai.

DSC_0644

Setelah membahas tentang potensi pertanian tersebut, Michael F. Gray kemudian menjelaskan mengenai rencana kerjasama antara Yayasan Del serta Strategic Alliance Partners (SAP) dengan Agro Veterinary Agriculture Singapore (www.ava.gov.sg). Rencana kerjasama yang akan dilaksanakan yakni kerjasama dalam bidang teknologi pertanian dan aplikasi IT dalam pertanian. IT Del ke depan diharapkan akan menjadi pusat penelitian pertanian di Sumatera yang di dukung oleh Agro Veterinary Agriculture Singapore dalam bidang riset dan pengembangan.
Diskusi ditutup dengan penjelasan dari Ketua Pengurus Yayasan Del Patuan Simatupang mengenai rencana pembukaan lahan di Tapanuli Utara yang dalam waktu dekat akan di mulai dengan MoU dengan masyarakat setempat, Beliau juga menjelaskan tentang potensi pertanian tanaman obat di daerah Toba.

Semoga hasil dari diskusi ini dapat segera terlaksana sehingga potensi pertanian khususnya di daerah Toba dapat semakin berkembang dan memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums