IMG-20140914-WA0001

Pada tanggal 05 September 2014 Institut Teknologi Del (IT Del) menerima kunjungan tim TIBCO Software Inc. Indonesia. TIBCO Software Inc. adalah perusahaan software asal Palo Alto, California, Amerika Serikat dimana kantor cabang TIBCO di Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara di Asia setelah Hong Kong dan Singapura. Saat ini TIBCO memiliki lebih dari 70 kantor cabang di lebih dari 25 negara. Khusus di Indonesia, target utama TIBCO adalah bidang industri telekomunikasi dan perbankan. Meskipun peluang kerja sama terbuka juga untuk perusahaan minyak dan gas, dan asuransi.

Tim TIBCO yang datang ke IT Del diwakili Ruly Achdiat CTS Director TIBCO Indonesia beserta staf. Kedatangan Ruly Achdiat ke IT Del adalah untuk memenuhi undangan IT Del untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa IT Del.

IMG-20140914-WA0002

Tema kuliah umum oleh Ruly Achdiat ini adalah �Layanan Publik Terbaik serta Transparan melalui IT�. Dalam kuliah umum tersebut, Ruly Achdiat menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan terkini tentang teknologi informasi, khususnya tentang aplikasi real time seperti penggunaan “in memory database”. Salah satu fitur yang diunggulkan dalam produk TIBCO adalah “two-second advantage” yakni kemampuan untuk menangkap informasi yang paling benar pada waktu yang paling tepat, lalu bereaksi sesuai perintah yang diberikan. Ruly Achdiat juga sempat bercerita tentang situs kawalpemilu.org, tentang bagaimana latar belakang dan hal-hal yang mereka lakukan untuk berkontribusi di pemilu pilpres 2014.

Salah satu perusahaan yang telah menggunakan peranti lunak TIBCO adalah FedEx. Perusahaan logistik tersebut memanfaatkan teknologi otomatisasi TIBCO untuk menjalankan jutaan transaksi per detik dan proses pelacakan ratusan juta paket per detik secara online. Saat ini, pelanggan TIBCO di seluruh dunia mencapai 4000. Di Indonesia sendiri, operator yang sudah menjadi pelanggan TIBCO adalah XL Axiata dan Three. Untuk itu, dalam kesempatan ini Ruly Achdiat memotivasi para mahasiwa yang hadir agar giat belajar khususnya menguasai bidang informasi dan teknologi. Ruly juga memberikan tips-tips kepada mahasiswa IT Del agar meraih sukses di pekerjaan. Kuliah umum ini tentu membuka pandangan mahasiswa bidang IT ini tentang kesempatan kerja yang ada di perusahaan internasional ini.