DSC_0323

Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIKOM) merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Wilayah I SUMUT-NAD. SNIKOM tahun ini dilaksanakan oleh Institut Teknologi Del (IT Del) di kampus IT Del pada tanggal 22-23 Agustus 2014. SNIKOM ini merupakan kelanjutan acara setelah Rapat Koordinasi Wilayah (RAKORWIL) APTIKOM Wilayah I. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T. Turut hadir dalam acara ini ketua APTIKOM Wilayah I Dr. Zakarias Situmorang, MT, Sekretaris APTIKOM Wilayah I Dr. Poltak Sihombing, M.Kom, dan para peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai perguruan tinggi.

Tema dari Seminar ini adalah �Towards the functioning of societally enhancing ICT system�. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari. Rangkaian acara SNIKOM ini yaitu penyampaian materi atau pandangan atau kebijakan dari keynote speaker, diskusi panel, pararel session oleh pemakalah serta kegiatan tour bersama.

Pada sesi pertama yakni penyampaian materi atau pandangan atau kebijakan dari keynote speaker. IT Del mengundang beberapa keynote speaker yaitu Djoko Agung H. Staf Ahli Sosbud KEMKOMINFO, Dr. Ir. Bogie Soedjatmiko E.T, M.Sc Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI, Dr. Inggiani Liem dosen Informatika ITB. Masing-masing keynote speaker menyampaikan pandangan mereka terkait tema seminar.

DSC_0330

Setelah penyampaian materi oleh keynote speaker, diselenggarakan diskusi panel yang berupa tanya jawab antara peserta dengan keynote spekaer. Hal-hal yang dibahas disini meliputi aspek ketersediaan infrastruktur, aplikasi TIK yang tepat untuk diterapkan, kebijakan pemerintah, UU/peraturan yang mendukung penerapan TIK, kendala-kendala, dll. Acara ini berlangsung hikmat walaupun dilaksanakan pada malam hari. Keynote speaker dan peserta tampak bersemangat membahas topik yang disuguhkan. Setelah diskusi selesai, Rektor IT Del menyerahkan ungkapan terima kasih berupa cendera mata kepada ketiga keynote speaker.

Keesokan harinya, Sabtu 23 Agustus 2014 acara SNIKOM dilanjutkan dengan kegiatan parallel session. Pada bagian ini, peserta dibagi ke dalam kelompok tertentu sesuai dengan topik makalah yang akan dipresentasikan. Makalah-makalah ini sebelumnya telah dikirimkan kepada panitia SNIKOM yakni IT Del sebelum hari H dan telah menjalani proses review. Pada sesi ini, setiap pemakalah wajib mempresentasikan makalah yang sudah dikirimkan kepada panitia. Sesi ini dilaksanakan secara paralel dalam 3 ruangan presentasi.

Acara SNIKOM ini ditutup dengan kegiatan tour bersama. Seluruh peserta tampak bersemangat. Dengan menggunakan kapal kayu, para peserta beserta panitia menyebrangi Danau Toba menuju objek wisata kuliner Tipang Mas yang merupakan wilayah Kab. Humbang Hasundutan. Para peserta tampak menikmati view selama perjalanan. Setibanya di lokasi, peserta makan siang bersama. Acara dilanjutkan dengan bernyanyi dan menari bersama. Suasana gembira pun tampak dari semua peserta dan tanpa terasa para peserta harus kembali dan pulang ke tempat masing-masing.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di:https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del