DSC_0282

Pada tanggal 22 Agustus 2014, diadakan acara rutin tahunan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Wilayah I yang mencakup Sumatera Utara dan Aceh. Acara tersebut yaitu Rapat Koordinasi Wilayah (RAKORWIL) yang mengundang seluruh perguruan tinggi yang memiliki fakultas atau program studi seputar informatika dan komputer. Tahun ini, Institut Teknologi Del (IT Del) diberi kepercayaan sebagai tuan rumah untuk acara ini. Bertempat di auditorium IT Del, acara ini dihadiri oleh Ketua APTIKOM Wilayah I Dr. Zakarias Situmorang, MT, Sekretaris APTIKOM Wilayah I Dr. Poltak Sihombing, M.Kom, General Manager Content PT. Telkomsel Edison Tamba, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T beserta ketiga Wakil Rektor, Kabid Kominfo Dinas Perhubungan Kab. Humbang Hasundutan dan Toba Samosir serta perwakilan dari 25 perguruan tinggi negeri/swasta wilayah Sumatera dan Aceh.

Dalam sambutannya Ketua APTIKOM Wilayah I Dr. Zakarias Situmorang, MT, mengatakan, bahwa ada 56 PTN/PTS perguruan tinggi negeri dan swasta bidang informatika dan komputer yang berada di Sumatera dan Aceh dengan jumlah mahasiswa sekitar 25 ribu orang. Ini merupakan sebuah peluang besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menjadi agen pembaharuan bidang teknologi informasi dan komunikasi di daerah ini. Dalam kesempatan ini juga, beliau menyampaikan bahwa tujuan RAKORWIL ini adalah untuk menyatukan visi dan misi di antara seluruh anggota dan sekaligus untuk bermusyawarah dalam menentukan arah kebijakan dan kontribusi yang akan diberikan dalam pembangunan sumber daya manusia antara pemerintah dan industri serta menyepakati perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah dalam RAKORWIL tahun 2015.

DSC_0284

Rektor IT Del Prof. Roberd Saragih, M.T dalam sambutannya menyampaikan apreasi dan terima kasih kepada pengurus APTIKOM Wilayah I atas kepercayaan yang diberikan kepada IT Del sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan RAKORWIL tahun 2014. Beliau juga menyampaikan kiranya kegiatan ini dijadikan sebagai sarana dalam mewujudkan cita-cita, visi dan misi APTIKOM untuk berperan aktif membina para dosen dan mahasiswa dalam melakukan riset untuk peningkatan kompetensi sesuai bidang keahliannya.
Acara yang disponsori oleh PT. Telkomsel dan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) ini dalam sesi diskusi dengan Edison Tamba dari PT. Telkomsel dan perwakilan pemerintah daerah di wilayah Tapanuli yang membidangi Komunikasi dan Informatika (Kab. Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan) disampaikan harapan pemerintah daerah dalam implementasi dan pemerdayaan TIK. Secara umum dalam paparan masing-masing perwakilan pemerintah daerah tersebut mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan harus mendapat perhatian yang sangat serius. Hal ini dimaksudkan untuk membangun dan membenahi infrastruktur daerah dan peningktan sumber daya manusia (SDM) sehingga terwujud masyarakat yang informatif.
Pada akhir acara dilaksanakan pemberian ulos dan cendaramata oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T kepada Edison Tamba dari PT. Telkomsel dan kepada perwakilan pemerintah daerah di wilayah Tapanuli yang membidangi komunikasi dan informatika.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del