DSC_0090

Pada tanggal 08 Juli 2014 di Institut Teknologi Del (IT Del) telah resmi dibuka program Summer School antara IT del dan Czech University of Life Science (CULS), Prague. Summer School ini rencananya akan berlangsung sampai dengan tanggal 03 Agustus 2014 nanti. Dalam acara pembukaan summer school ini turut hadir kepala Dinas pendidikan Toba Samosir dan Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I IT Del Dr. Arlinta Christy Barus, ST,M.InfoTech. Arlinta mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Summer School dan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan CULS kepada IT Del untuk melaksanakan program Summer School ini. Dalam acara ini mahasiswa CULS memperkenalkan diri di hadapan hadirin yang diikuti juga oleh dosen, staf dan perwakilan mahasiswa IT Del. Summer School tahun ini merupakan summer school yang ketiga antara IT Del dan CULS.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Toba Samosir Drs. Lalo H. Simajuntak menyampaikan ucapan terima kasih kepada IT Del karena dengan adanya program ini merupakan suatu bentuk kemajuan pendidikan di Toba Samosir. Lalo juga berharap agar mahasiswa CULS menyempatkan diri mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Toba Samosir agar dapat menjadi perbandingan bagi sekolah-sekolah tersebut.

DSC_0123

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir Ultri Sonlahir, ST, MT dalam sambutannya menyampaikan potensi-potensi yang ada di Toba Samosir sebagai bahan untuk dipelajari atau dikunjungi oleh mahasiswa CULS. Ultri juga menyampaikan bahwa ia dan rekan-rekannya siap membantu mahasiswa CULS jika ada informasi atau data yang dibutuhkan terkait pariwisata di Toba Samosir. Ultri juga berharap mahasiswa CULS dapat berkunjung ke kantor dinas pariwisata Toba Samosir.

Mahasiswa CULS yang datang dalam program Summer School ini sebanyak 15 orang. Mereka didampingi oleh David Herack; Chairman of Academic Senate of CULS yang pada tahun lalu juga turut hadir dalam program ini. Dalam sambutannya, David Herack menyampaikan bahwa ia dan mahasiswanya sangat senang mendapat kesempatan berkunjung ke IT Del. Dalam program ini, mahasiswa CULS akan belajar mengenai budaya Batak, mengunjungi pusat-pusat pertanian dan energi di sekitar kampus IT Del, dan juga belajar tentang kemungkinan pengembangan sumber energi di sekitar Tobasa.
Selamat datang bagi mahasiswa CULS dalam program Summer School di IT Del.

.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del