DSC_0892

Pada tanggal 24 Juni 2014, Wakil Rektor 1 Institut Teknologi Del (IT Del) Dr. Arlinta Christy Barus, ST,M.InfoTech mengikuti International Dean Course (IDC) 2014 yang diadakan di Osnabruck (1 minggu pertama) dan Berlin (seminggu terakhir) di Jerman. IDC ini merupakan kegiatan yang diikuti oleh pimpinan-pimpinan (Dekan, Wakil Dekan, Kepala/Wakil Departemen, Rektor/Wakil Rektor) universitas seluruh Asia Tenggara. Peserta IDC kali ini berjumlah 33 orang. Jumlah peserta dari Indonesia sebanyak 9 orang dimana selain dari IT Del, peserta dari Indonesia adalah dari Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Surabaya, Universitas Duta Wacana, dan Universitas Brawijaya .

Kegiatan ini disponsori oleh DAAD Jerman dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pimpinan universitas dalam melakukan kegiatan manajemen di Universitas. Topik-topik yang dipelajari, antara lain: University Governance, Conflict Management, Quality Assurance, Strategic Management, Leadership, Perbedaan manajemen Universitas di Eropa dan Asia Tenggara, dll. Selain teori, dilakukan juga diskusi/sharing pengalaman di antara peserta serta pembahasan beberapa case study yang relevan dengan topik.

DSC_0547

IDC 2014 terdiri dari 3 rangkaian kegiatan yaitu:
1. Part I: di Jerman, 24 Jun-5 Juli 2014
2. Part II: di UKM Malaysia, 9-12 November 2014
3. Part III: di UGM Indonesia, 9-12 Februari 2015.

Setiap peserta diminta membuat Project Action Plan (PAP) yang membahas tentang permasalahan yang ada di universitas asal peserta, pada saat membuat lamaran untuk mengikuti kegiatan ini. PAP kemudian dibahas di pertemuan I dan kemudian harus diimplementasikan sekembalinya dari pertemuan Part I. Pada pertemuan Part II dan Part III, progres PAP setiap peserta akan dipresentasikan. Dr. Arlinta Christy Barus, ST,M.InfoTech memilih PAP mengenai perbaikan governance (sistem pengaturan/manajemen) di IT Del yang berubah dari Politeknik Informatika Del menjadi Institut Teknologi Del dengan diperkenalkannya konsep baru mengenai Fakultas dan role baru dari Dekan (Dean) yang tidak ada sebelumnya di Politeknik Informatika Del. Kegiatan IDC ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di : https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del