IMG_6756

Mahasiswa sebagai calon ilmuwan berkewajiban menerapkan ilmu yang didapatnya selama di bangku kuliah maupun melalui pengalaman belajarnya ke dalam suatu bentuk pembelajaran penelitian. Proyek akhir adalah suatu karya ilmiah yang memiliki Satuan Kredit Semester (SKS). Proyek akhir ini merupakan penerapan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam upaya berfikir untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dipelajarinya selama di bangku kuliah.

Sesuai dengan kalender akademik, pada bulan Juni mahasiswa tingkat I dan tingkat II Institut Teknologi Del (IT Del) wajib mempresentasikan proyek akhir mereka dalam seminar proyek akhir. Sebelum melaksanakan seminar mahasiswa terlebih dahulu diberi bimbingan oleh dosen pembimbing masing-masing tentang proyek akhir yang akan mereka seminarkan. Di IT Del, mahasiswa yang akan melaksanakan seminar dibagi dalam kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 3-5 orang. Presentasi proyek akhir ini disampaikan dalam Bahasa Inggris

Pelaksanaan seminar Proyek Akhir di IT Del terbagi 2 yakni:
1. Seminar Proyek Akhir 1
yaitu seminar proyek akhir untuk mahasiswa tingkat I. Umumnya, proyek akhir mahasiswa tingkat I ini bersifat statis dan lebih sederhana berhubung proyek yang mereka kerjakan adalah aplikasi dari ilmu yang mereka terima selama semester 1 dan 2.
2. Seminar Proyek Akhir 2
Yaitu seminar proyek akhir untuk mahasiswa tingkat II. Proyek akhir mahasiswa tingkat II ini bersifat dinamis dan lebih kompleks dari proyek akhir 1 karena mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh mulai semester 1 sampai semester 4. Proyek Akhir 2 ini lebih cenderung membangun suatu aplikasi yang diminta oleh klien dimana klien yang dimaksud adalah suatu UKM atau instansi.

Tema dari Proyek akhir 1 dan 2 setiap tahunnya berbeda. Jumlah SKS untuk Proyek Akhir 1 adalah 3 SKS, sedangkan untuk Proyek Akhir 2 sebanyak 4 SKS.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di : https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del