DSC_0953

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa Institut Teknologi Del (IT Del) menyelenggarakan Del Language Cup 2014 : English Competition for Senior High School Students in North Sumatera pada hari Jumat dan Sabtu, 23 & 24 Mei 2014, bertempat di kampus IT DEL . Adapun lomba yang diselenggarakan adalah Speech Contest dan Scrabble Competition.

Speech Contest yang berlangsung pada hari Jumat, 23 Mei 2014 diikuti oleh 59 peserta dari siswa/i SMA/SMK di Sumatera Utara. Kontes ini dimulai pada pukul 10.00 WIB, dan dibuka secara resmi oleh Rektor IT Del, Prof. Dr. Roberd Saragih, MT. Setelah pembukaan oleh Rektor IT Del, acara dilanjutkan dengan technical meeting untuk menjelaskan ketentuan lomba kepada setiap peserta. Kontes ini terdiri dari 2 babak yaitu: pertama, babak penyisihan dimana seluruh peserta wajib untuk menyampaikan pidato sesuai dengan naskah yang telah dikirimkan ke panitia. Untuk menghemat waktu, babak ini dilakukan secara pararel pada dua ruangan yang berbeda. Pada akhir babak ini dipilih 10 finalis untuk tampil pada babak final. Kedua, babak final dimana 10 peserta yang lolos dari babak penyisihan berlomba untuk memenangkan kejuaraan lomba pidato tersebut. Pada sesi final ini, peserta menyampaikan kembali pidatonya selama 5 menit namun dalam babak ini terdapat sesi tanya-jawab dimana juri mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta. Pada babak ini akan dipilih 5 (lima) pemenang dengan nilai tertinggi.

DSC_0635

Pada akhir kegiatan, sesuai dengan kriteria peniliaan yang telah diinformasikan sebelumnya, para juri akhirnya memutuskan 5 (lima) pemenang yaitu:
1. Juara I : Yuliando Revzand Hasibuan (SMA Unggul Del)
2. Juara II : Eva Yessyca Situmorang (SMA Unggul Del)
3. Juara III : Renaldin Suinto Zai (SMA Swasta Metodist 1 Medan)
4. Runner up I : Roky Anugerah Sitinjak (SMA Negeri 2 Balige)
5. Runner up II : Uios Joy Nardpaska Purba (SMA Negeri 2 Balige).
Hadiah adiah kepada setiap pemenang langsung diserahkan oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, MT yang berupa uang tunai untuk juara I sebesar Rp. 1.000.000, juara II sebesar Rp. 750.000, juara III sebesar Rp. 500.000, runner up I sebesar Rp. 250.000, runner up II sebesar Rp 150.000 serta sertifikat, piala, dan souvenir dari IT Del.

Hari kedua, 24 Mei 2014 lomba yang diselengggarakan adalah Scrabble Competition. Kegiatan ini diikuti oleh 43 peserta dari berbagai SMA/SMK di Sumatera Utara. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I IT Del ,Dr. Arlinta C. Barus, ST, M.InfoTech. Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan aturan dan bagaimana cara bermain Scrabble kepada seluruh peserta dan penonton oleh ketua juri lomba. Kompetisi terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Di akhir sesi, juri memutuskan 5 (lima) pemenang yaitu:
1. Juara I : JB JR Josua Fernandus Sitanggang (SMA Negeri 2 Balige)
2. Juara II : Destri U Sirait (SMA Unggul Del)
3. Juara III : Frans Yudi B. Tanjung (SMK Negeri 1 Balige)
4. Runner up I : Nova Trinita Sihombing (SMK Negeri 1 Siatas Barita)
5. Runner up II: Dwi Putri Simbolon (SMA Negeri 1 Tarutung)
Para pemenang mendapat hadiah berupa uang tunai. Juara I mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 750.000, juara II sebesar Rp. 500.000, juara III sebesar Rp. 250.000, runner up I sebesar Rp. 150.000, runner up II sebesar Rp 100.000 serta sertifikat, piala, dan souvenir dari IT Del. Acara ditutup oleh Wakil Rektor I IT Del yang secara khusus memberikan ucapan terimakasih kepada peserta dan para guru pendamping.

Para peserta dan guru yang mendampingi para peserta mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini dan mereka berharap semoga kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahunnya. Semoga dengan kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi yang berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi siswa/i SMA/SMK di Sumatera Utara.

Foto-foto Kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del