IMG20140503100317

Pada hari Sabtu tanggal 3 Mei 2014, Pusat Bahasa Institut Teknologi Del (IT Del) sekali lagi berhasil mengadakan ujian kemampuan berbahasa Inggris TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language Institutional Testing) yang diikuti oleh 88 peserta. Sebagian besar peserta adalah mahasiswa IT Del tingkat tiga atau semester 6 yang sebentar lagi akan menyelesaikan studi di institut bergengsi ini karena salah satu persyaratan bagi mahasiswa ITD untuk dinyatakan lulus adalah dengan mencapai skor TOEFL ITP minimal 515. Para peserta lain terdiri dari seorang dosen ITD dan masyarakat umum dari sekitar ITD.

Sejak penandatanganan MoU dengan IIEF (The Indonesian International Education Foundation) yang merupakan bagian Educational Testing Service (ETS) pemerintah Amerika Serikat pada tanggal 1 Juni 2013, Pusat Bahasa IT Del merupakan pelaksana resmi TOEFL ITP dari IIEF di Sumatera Utara. Dengan demikian, skor peserta TOEFL ITP yang dilaksanakan oleh Pusat Bahasa IT Del diperiksa dan dikeluarkan secara resmi langsung oleh Educational Testing Service (ETS) di Princeton, Amerika Serikat.

Mengingat banyaknya peserta tes, TOEFL ITP tersebut dilaksanakan di 2 ruang terpisah. Satu ruangan dari 30 orang peserta dan diawasi oleh seorang dosen bahasa Inggris ITD, sedangkan ruangan yang lain terdiri dari 58 peserta dan diawasi oleh 2 orang dosen bahasa Inggris ITD, dimana salah salah seorang pengawas Ibu Rentauli M. Silalahi merupakan Koordinator Bagian Bahasa dan Pusat Bahasa Institut Teknologi Del yang juga secara berkala memeriksa proses berlangsungnya ujian TOEFL ITP di ruang yang hanya diawasi satu orang pengawas.

IMG20140503100858

Ujian TOEFL ITP ini berjalan tepat waktu yakni pukul 08.00 WIB hingga 10.30 WIB atau berlangsung selama 2,5 jam. Sesuai dengan prosedur, para peserta telah berkumpul di depan ruang tempat mereka ujian untuk mendaftar kembali dan melakukan pemeriksaan KTP. Selama ujian berlangsung, para peserta terlihat sangat serius berupaya menjawab semua pertanyaan tes yang meliputi kemampuan mendengar, tata bahasa dan memahami berbagai teks bahasa Inggris akademis yang cukup kompleks bagi pemula.

Secara keseluruhan, ujian TOEFL ITP yang telah kesekian kalinya dilaksanakan oleh Pusat Bahasa Institut Teknologi Del di kampus ITD, Laguboti, Sitoluama ini berlangsung dengan baik.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di : https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del