DSC_0729

Pada hari Senin, tanggal 12 Mei 2014, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Del (IT Del), Laguboti, Toba Samosir. Kerjasama ini diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman TNI AD dengan IT Del di auditorium IT Del, Sitoluama Kec. Laguboti, Kab. Toba Samosir.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Asisten Personel TNI AD Mayjen TNI Jaswadi dan Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, M.T disaksikan Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen TNI Munir dan Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut B. Pandjaitan. Acara penandatanganan nota kesepahaman ini juga dihadiri Duta Besar (Dubes) Rusia Mikhail Galuzin , Dubes Australia Greg Moriarty, Dubes Finlandia Kai Sauer, Dubes Republik Ceko Tomas Smentanka, Wakil Dubes Swedia Eddy Fonyodi, Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan, Timbul Siahaan, Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi, Pangdam I BB Mayjen TNI Istu Hari S., SE MM, dan tamu undangan lainnya.

Terkait dengan lingkup kerja sama yang dilakukan, ada tiga program yang akan dikerjakan bersama antara kampus IT Del dengan TNI AD. Ketiga program ini antara lain: penyiapan model perang cyber, seminar military cyber intelligence and cyber operation, serta persiapan kegiatan cyber camp. Kerjasama antara TNI AD dan IT Del ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menghasilkan produk penelitian yang dapat digunakan untuk menghadapi perang di dunia maya atau cyber warfare yang belakangan ini semakin marak. Kejahatan dunia maya muncul karena penyalahgunaan teknologi internet atau jaringan komputer seperti menyebar virus yang merusak akses informasi, membajak atau mencuri informasi, mengubah informasi secara ilegal, hingga memata-matai akses informasi.

DSC_0039

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Del Jenderal (Purn) TNI Luhut B. Pandjaitan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AD atas kepercayaan yang diberikan kepada IT Del sehingga tercipta nota kesepahaman ini.
Wakil KSAD Letjen. Munir menyambut baik terjalinnya kerjasama antara TNI AD dengan IT Del dalam memerangi kejahatan cyber ini. Dia menyampaikan dengan adanya kerjasama ini peneliti dan ahli dunia maya dari TNI AD dan IT Del dapat bertukar ilmu dan informasi sehingga mampu menghasilkan karya untuk menghadapi serangan dunia maya.

Sebelum acara penandatanganan, Letjen. TNI Munir bersama tamu undangan lainnya meninjau demo cybergym, aplikasi cyber humint dan atraksi penyerangan perangkat drone. Dalam kesempatan ini, mahasiswa IT Del mempertunjukkan cara-cara penyerangan terhadap jaringan komputer dan perangkat drone dari cara yang sederhana hingga yang paling rumit.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del