DSC_0652

12 Mei 2014 merupakan hari yang sangat spesial bagi civitas akademik Institut Teknologi Del (IT Del). Selain penandatanganan nota kesepahamaman antara IT Del dengan TNI AD, pada hari itu juga di kampus IT Del dilaksanakan kegiatan kuliah umum oleh para duta besar dari Australia, Rusia, Finlandia, Republik Ceko, Deputi Dubes Swedia, dan Profesor dari i3L Swedia.

Adapun tema dari kuliah umum ini adalah tentang pandangan para duta besar ini tentang pendidikan sesuai keadaan di negara mereka masing-masing. Kuliah umum ini dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut B. Pandjaitan, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih, M.T., Ketua Yayasan Del Ir. Patuan Simatupang, MCRP, para dosen IT Del dan seluruh mahasiswa IT Del.

DSC_0681

Acara dimulai dengan presentasi oleh Dubes Australia, Mr. Greg Moriarty, yang menyatakan bahwa pendidikan sangat penting bagi siapa saja, terutama di Australia dalam mengurangi angka pengangguran. Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Dubes Rusia, Mr. Mikhail Galuzin yang menyatakan bahwa pendidikan di Rusia memang penting. Hal ini terbukti dari inovasi mereka yang sangat berkembang pesat di bidang ilmu ruang angkasa. Sedangkan Prof. Hans Glise (Rektor i3L Swedia) menyatakan bahwa pendidikan sepanjang hayat perlu ditanamkan mulai dari usia dini hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Dubes Republik Ceko, Mr. Tomas Smentanka, yang menyampaikan bahwa pendidikan berkelanjutan itu harus dimulai dari pembelajaran dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Sedangkan Dubes Finlandia, Mr. Kai Sauer menunjukkan sebuah video mengenai sistem pendidikan di Finlandia dan ia menutup video presentasi tersebut dengan mengatakan bahwa pendidikan harus mengutamakan kesetaraan dari segala aspek seperti jenis kelamin dan status sosial. Kegiatan kuliah umum ini ditutup oleh Deputi Dubes Swedia, Mr. Eddy Fonyodi, yang menyampaikan bahwa pendidikan berkelanjutan dapat dicapai dengan cara pembelajaran inovatif.

Acara ini berlangsung sangat meriah. Mahasiswa IT Del terlihat sangat antusias dalam mengikuti kuliah umum yang langsung disampaikan para duta besar ini dan diberikan dalam bahasa Inggris. Rasa antusias mahasiswa ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para duta besar. Di akhir acara, Ketua Pembina Yayasan Del dengan didampingi oleh rektor IT Del menyerahkan kenang-kenangan berupa ulos kepada para pembicara.
Foto kegiatan di : https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del