DSC_0221

Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan Pelatihan Astronomi dan Teropong Bintang pada hari Jumat sampai dengan Sabtu, 28-29 Maret 2014 di Kampus IT Del, Sitoluama Laguboti. Peserta pelatihan yang berjumlah 28 orang ini berasal dari berbagai SMA di Sumatera Utara yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk pengabdian IT Del kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan kepada guru-guru SMA khususnya guru Fisika dan Geografi dengan tidak memungut biaya. Untuk menyukseskan acara ini, IT Del menyediakan transportasi pulang-pergi (dari tempat domisili ke IT Del), akomodasi, makan dan materi pelatihan secara gratis.

Pemateri dalam pelatihan Astronomi dan Teropong Bintang adalah Dr. rer.nat. Dading Hadi Nugroho, Peneliti Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pelatih Tim Olimpiade Astronomi Nasional. Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB selama 2 hari. Pada hari pertama, 28 Maret 2014 sesuai agenda acara dilakukan sesi pembukaan pelatihan. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T didampingi Wakil Rektor III IT Del Deni P. Lumbantoruan,S.T, M.Eng. Dalam sambutannya Prof. Roberd Saragih menyampaikan pentingnya mengubah pola pikir siswa-siswi SMA agar tertarik dengan dunia penelitian mengingat saat ini minat dan kemampuan siswa-siswi dari SUMUT dalam olimpiade sains, khususnya bidang astronomi sangat minim. Untuk itu, IT Del menyediakan fasilitas pelatihan dan Teropong Bintang yang nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa siswi serta guru-guru Fisika dan Geografi, khususnya dalam bidang astronomi.

DSC_0191

Setelah pembukaan oleh Rektor IT Del, para peserta diberikan materi-materi terkait astronomi. Di samping penyampaian materi, para peserta juga dilatih untuk mengamati matahari pada sore hari dan pengamatan bintang pada malam hari dengan menggunakan teropong bintang. Pada hari kedua, peserta juga diberi kesempatan untuk mengamati matahari pada pagi hari dengan menggunakan teropong bintang. Pada hari kedua ini, peserta diberi kesempatan oleh pemateri untuk diskusi dan membahas soal-soal olimpiade astronomi.

Pada akhir acara, para peserta menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan. Diwakili guru dari SMA 1 Medan dan SMA dari Nias menyampaikan ucapan terima kasih kepada IT Del selaku penyelenggara yang telah memberi kesempatan pelatihan tanpa biaya apapun. Dalam sesi ini, IT Del memberikan cendera mata kepada Pemateri Dr. rer.nat. Dading Hadi Nugroho sebagai tanda ucapan terima kasih atas kesediaannya memenuhi undangan IT Del sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Setelah acara pelatihan ini resmi ditutup oleh Rektor IT Del, peserta, pemateri dan Rektor IT Del menyempatkan diri untuk berfoto bersama sambil menerima serfikat pelatihan.

Semoga Pelatihan Astronomi dan Teropong Bintang ini membawa manfaat.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del