DSC_1517

Pada tanggal 10 Maret 2014, Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan kunjungan ke kampus KTH (Royal Institute of Technology) di Stockholm, Swedia. Kunjungan untuk menjalin kerjasama dengan KTH (Royal Institute of Technology). Rombongan IT Del yang diikuti oleh Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut Pandjaitan, Ketua Pengurus Yayasan Del Patuan Simatupang, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T, Wakil Rektor Dr. Arlinta Christy Barus,S.T,M.InfoTech dan Dr. Arnaldo Marulitua,S.T,M.InfoTech, dan Ketua Pusat Penelitian TIK Dr. Paulus Prananto, M.Sc.

Kujungan ini merupakan inisiatif Duta Besar Swedia untuk Indonesia dan sengaja datang dari Indonesia ke KTH Royal Institute untuk mendampingi rombongan IT Del. Dalam kunjungan ini rombongan IT Del disambut langsung oleh Vice Dean of Faculty Per Berglund, Regional director South East Asia Anders Hult, Project manager business Liaison Johan Blaus.

DSC_1498

Agar rombongan IT Del dapat mempelajari dan mengetahui KTH secara lebih luas, rombongan dibagi menjadi 3 Group, yaitu:
Group 1 untuk bidang Computer analys of Biotechnology, dimana group ini mengunjungi SciLifeLab. Group ini diikuti oleh Pak Roberd dan Pak Patuan Simatupang dan dipandu oleh Site director Fredrik Sterky.

Group 2 tentang Transport Studies, group ini mengunjungi centre for transport studies yang akan dipandu oleh Director Jonas Eliasson. Setelah dari tempat ini, grup yang diikuti oleh Pak Paulus Prananto dan delegasi PT. Alita (perusahaan pengembang system ERP di Indonesia) akan mengunjungi KTH Transport Labs yang dipandu oleh Manager Peter Georen.

Group 3 untuk bidang ilmu komputer, jaringan dan keamanan (cyber security) mengunjungi sekolah ilmu computer dan komunikasi yang dpandu oleh Dean Jan Gulliksen. Grup ini diikuti oleh, Pak Luhut, Ibu Arlinta dan Pak Arnaldo. Juga hadir Pak Mauritz Panggabean yang merupakan mantan dosen IT Del yang sekarang sudah bekerja di Oslo, Norwegia.

Dari kunjungan ke berbagai sector dan diskusi yang dilakukan rombongan IT Del dengan pihak KTH Royal Institute, diperoleh kesepakatan antara lain tentang :
– Pengiriman dosen IT Del untuk studi lanjut jenjang Master , PhD dan Post-doctoral di KTH Royal Institute
– Pertukaran dosen, direncanakan bisa dilaksanakan sekitar Oktober � November 2014
– Pertukaran mahasiswa
– Kunjungan Professor KTH Royal Institute, termasuk sebagai narasumber akademisi (knowledge transfer) bagi pembentukan cyber army Indonesia yang akan melaksanakan cyber camp di kampus IT Del September 2014.
– Research bersama antara IT Del dan KTH Royal Institute.
– Salah satu professor dari KTH akan mengunjungi kampus IT Del pada awal Mei 2014.
Semoga rencana kerjasama IT Del dengan KTH Royal Institute ini dapat segera terlaksana.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del