DSC_0962

Pada tanggal 05 Maret 2014, Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan kunjungan ke kampus Weizmann Institute of Science, Tel Aviv, Israel. Kunjungan untuk menjalin kerjasama dengan Weizmann Institute of Science. Rombongan IT Del yang diikuti oleh Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut Pandjaitan, Ketua Pengurus Yayasan Del Patuan Simatupang, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T, Wakil Rektor Dr. Arlinta Christy Barus,S.T,M.InfoTech dan Dr. Arnaldo Marulitua,S.T,M.InfoTech, dan Ketua Pusat Penelitian TIK Dr. Paulus Prananto, M.Sc.

Dalam kunjungan ini rombongan IT Del disambut langsung oleh Director and Academic Secretary Dr. Ami Shalit. Dalam kesempatan ini, rombongan IT Del mengunjungi Levinson Visitors Center yang menampilkan hasil-hasil karya Weizmann Institute yang disajikan dengan teknik yang sangat menarik di dalam ruangan yang sangat modern. Semua karya-karya dari Weizmann Institute adalah research-based dimana Weizman Institute memiliki 750 orang Ph.D students, 300 master students, dan 250 profesor. Untuk undergraduate, Weizmann institute mengadaka program summer school ke seluruh dunia dalam waktu 2 bulan dengan 200 peserta.

DSC_0967

Rombongan IT Del dijamu makan siang oleh President Weizmann Institute Prof. Daniel Zajfman. Turut hadir juga Department of Computer Science & Applied Mathematics Prof. David Harel dan CEO for external relations in Asia Amb. Amikam Levy. Setelah makan siang bersama, rombongan berdiskusi dengan Michal Elran, Head of Math by mail program dan Dr. Liat Yakir, Head of excellence programs. Dari diskusi ini, rombongan diberi penjelasan tentang bagaimana mendidik anak-anak sejak usia dini agar bisa memahami matematika untuk research baik melalui online atau pun permainan. Liat Yakir menyatakan mengapa harus menanamkan matematika sejak usia dini karena matemmatika adalah ilmu dasar sebuah research.

Rombongan IT Del juga berkesempatan bertemu dengan Joseph H., Yonatan Cohen dan Belle R. Barun di center for submicron research. Dsini rombongan mendapat penjelasan tentang teknologi submicron yang sangat advance.
Dari hasil diskusi dalam Kunjungan IT Del ke Weizmann Institute diperoleh kesimpulan bahwa:
– Weizmann Institut merupakan world-class research-institute yang sangat maju.
– Adanya kemungkinan untuk pengiriman dosen IT Del untuk postdoc di Weizmann Institute
– Pengiriman mahasiswa IT Del untuk melakukan summer school di Weizmann Institute
– Pengiriman siswa SMA Unggul Del untuk ikut dalam young researcher program di Weizmann Institute
– Prof. Daniel Zajfman akan mengunjungi langsung kampus IT Del pada September 2014 mendatang dan menjadi pembicara dalam sebuah seminar/symposium di IT Del.

Semoga rencana kerjasama IT Del dengan Weizmann Institute ini dapat segera terlaksana.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del