DSC_0062

Pada hari Selasa, 18 Maret 2014 sesuai jadwal yang direncanakan, Institut Teknologi Del (IT Del) resmi menjalin kerjasama dengan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Kerjasama ini diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih,M.T dengan Direktur Utama PT. Telkomsel Alex J. Sinaga di auditorium IT Del.

Kedatangan Direktur Utama PT. Telkomsel beserta jajarannya disambut langsung oleh Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut Pandjaitan, Ketua Pengurus Yayasan Del Cabang Sumatera Utara Partumpuan Naiborhu, Rektor IT Del Prof. Dr. Roberd Saragih beserta para Wakil Rektor. Acara yang berlangsung pada sore hari ini dihadiri juga oleh dosen/staff IT Del dan Mahasiswa IT Del. Sebelum memasuki auditorium sebagai tempat penandatangan MoU, Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga beserta jajarannya menyempatkan diri mengunjungi Centre of Business Innovation and Entrepreneurship IT Del sebagai cikal bakal rencana pembentukan Innovation Hub di IT Del atau yang akan dikenal dengan Toba Digital Valley.

Adapun ruang lingkup kerjasama IT Del dengan PT Telkomsel ini adalah pendirian Innovation Hub atau yang akan dikenal dengan sebutan Toba Digital Valley (TDV) di Kampus IT Del, kemungkinan kerja praktek/magang untuk mahasiswa IT Del, sharing knowledge/ sharing expert, dan rekrutmen lulusan IT Del untuk bekerja di PT Telkomsel. Khusus untuk pendirian Toba Digital Valley, secara khusus Telkomsel akan memfasilitasi pembangunan infrastruktur Innovation Hub Lab (Toba Digital Valley), penyediaan fasilitas lab seperti komputer/laptop dan testing devices, penyediaan fasilitas interior dan desain, penyediaan Infrastuktur jaringan telekomunikasi seperti femto cell, wifi dan lain lain untuk kepentingan research, penyediaan cloud system untuk kepentingan research, pembuatan dan pengembangan konten aplikasi, mobile aplikasi dan IT aplikasi dan kajian, riset, pengembangan, dan penerapan sistem dan teknologi informasi dan telekomunikasi.

DSC_0091

Dalam acara penandatanganan MoU ini, Alex J. Sinaga menyempatkan diri mengadakan sharing session yang secara khusus ditujukan kepada mahasiswa yang hadir. Topik yang diangkat adalah Nation Competitiveness. Dalam paparannya, beliau memaparkan tentang daya saing negara dan penduduk Indonesia dibanding dengan negara-negara lain. Untuk meningkatkan daya saing ini, Alex J. Sinaga menekankan perlunya meningkatkan karakter, kompetensi dan kemampuan kolaborasi untuk masing-masing individu. Di samping itu, beliau juga berbagi pengalaman kepada mahasiswa serta menerangkan potensi-potensi yang harus dikembangkan jika ingin sukses di kemudian hari. Sharing session ini dimanfaatkan mahasiswa IT Del untuk menambah wawasan mereka dengan berbagai pertanyaan.

Setelah acara sharing session dari Dirut Telkomsel, kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Telkomsel kepada IT Del. Dalam kesempatan ini, PT Telkomsel menyerahkan 20 unit notebook, 20 unit modem dan 20 unit paket internet flash kepada IT Del. CSR diserahkan langsung oleh Dirut Telkomsel kepada Rektor IT Del.

IT Del melalui sambutan Ketua Pembina Yayasan Del Jend. (Purn) Luhut Pandjaitan dan Rektor IT Del Prof.Dr. Roberd Saragih,M.T menyatakan ucapan terima kasihnya untuk kunjungan Direktur Utama PT Telkomsel beserta jajarannya ke IT Del. Rasa terima kasih juga disampaikan atas jalinan kerja sama melalui penandatanganan MoU antara Telkomsel dengan IT Del. Diharapkan semoga melalui penandatanganan MoU, kerja sama antara IT Del dan Telkomsel dapat berjalan dengan baik, khususnya dalam proses pendirian Toba Digital Valley.

Acara penandatanganan MoU diakhiri dengan ramah tamah dan makan malam bersama. Semoga jalinan kerjasama yang dibentuk oleh IT Del dengan PT Telkomsel ini dapat berjalan dengan baik ke depannya dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak. Sukses untuk IT Del dan PT Telkomsel.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di : https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del