DSC_0642

Pada hari Selasa, 18 Februari 2014, Institut Teknologi Del (IT Del) yang diwakili Wakil Rektor III Institut Teknologi Del (IT Del) Deni Lumbantoruan menerima kunjungan tim PT Telkomsel pusat yang diwakili oleh Edyson Bonardo Tamba, GM Technology Roadmap & Acquisition, Hendry Martin, Head of Research and Development, dan Ajeng Saraswati. Adapun tujuan kedatangan tim Telkomsel ini ke IT Del adalah untuk diskusi tentang rencana kerjasama antara Telkomsel dengan IT Del.

Bentuk kerja sama yang dibicarakan pada diskusi antara tim IT Del dengan tim Telkomsel tertuju kepada rencana inisiasi pendirian Toba Digital Valley (TDV) di kampus IT Del. Pendirian TDV merupakan sasaran jangka panjang, yaitu sebagai salah satu upaya menumbuhkan industri kreatif digital lokal yang berkualitas, yang berasal dari para kreator yang ada di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Di masa mendatang, TDV diharapkan dapat menjadi penghubung antara kreator dengan dunia industri dan juga antara kreator dengan pemodal (venture capital). Selain itu juga, nantinya di TDV diharapkan tersedia fasilitas pendukung pengembangan dan komersialisasi.

DSC_0647

Sebelum mewujudkan TDV, sebagai langkah awal rencananya IT Del akan ditetapkan sebagai Innovation Hub. Dalam hal ini, IT Del akan menjadi innovation hub untuk komunitas pengembang IT dan para kreator yang ada di wilayah Sumbagut. Untuk mewujudkan innovation hub ini, PT Telkomsel akan memberikan dukungan dalam penyediaan infrastruktur, mentoring, workshop dan pelaksanaan seminar.
Selain diskusi tentang rencana pendirian TDV dan innovation hub, dibicarakan juga bentuk kerja sama lain yang dapat dilakukan antara IT Del dengan Telkomsel, yaitu melalui pelaksanaan penelitian bersama, kuliah umum, workshop, dan seminar. Juga dibicarakan peluang kerja sama untuk meningkatkan kualitas layanan internet di lingkungan kampus IT Del.
Semoga kerja sama antara IT Del dan PT Telkomsel ini dapat terlaksana secepatnya. Rencananya, inisiasi kerja sama antara IT Del dengan PT Telkomsel akan diformalkan melalui penandatangan MoU oleh Dirut PT Telkomsel, Bapak Alex J. Sinaga dan Rektor IT Del Bapak Roberd Saragih yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2014 mendatang.
Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del